SMK Waskito Tangerang Selatan Kunjungi FILKOM UB

SMK Waskito Tangerang Selatan Kunjungi FILKOM UB

Sekolah Menengah Kejuruan Waskito Tangerang Selatan melakukan kunjungan ke Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) pada Jumat (10/2/2017). Peserta kunjungan terdiri atas 68 siswa siswa kelas X jurusan multimedia yang didampingi oleh Kepala Sekolah beserta staf dan guru. Hartono, S.Si., M.Pd. selaku kepala sekolah SMK Waskito Tangerang Selatan mengungkapkan bahwa ini merupakan kunjungan pertamanya ke Universitas Brawijaya. Diharapkan kunjungan ini dapat memberikan tambahan informasi bagi para siswa yang ingin melanjutkan studinya ke perguruan tinggi.
“Memang SMK lebih fokus mempersiapkan siswanya untuk langsung bekerja setelah lulus. Namun kenyataanya 80% lulusan kami melanjutkan ke perguruan tinggi setelah lulus. Karena itu selain kunjungan industri kita juga melakukan kunjungan ke kampus. Kami ingin tahu lebih jelas tentang UB khususnya FILKOM. Mengenai daya tampungnya dan peminatnya karena kita tahu UB termasuk Perguruan Tinggi yang jalur masuknya kebanyakan dari ujian yang diselenggarakan oleh pemerintah,” ungkap Hartono.

Pada kesempatan itu Adam Hendra Brata, S.Kom., M.T., M.Sc. salah satu dosen Program Studi Teknik Informatika menjadi perwakilan FILKOM yang memberikan presentasi pada peserta kunjungan. Adam menjelaskan mengenai berbagai jurusan dan program studi yang ada, serta fasilitas dan sarana prasarana yang menunjang proses belajar mahasiswa FILKOM. Dijelaskan oleh Adam bahwa FILKOM memiliki dua jurusan yang masing-masing terdiri atas tiga program studi. Jurusan Teknik Informatika terdiri atas tiga program studi (PS) yaitu (1) Magister Ilmu Komputer (S2), (2) Teknik Informatika dan (3) Teknik Komputer. Sementara jurusan Sistem Informasi juga memiliki tiga PS yaitu (1) Pendidikan Teknologi Informasi, (2) Sistem Informasi dan (3) Teknologi Informasi.

Filkom memiliki sarana prasarana penunjang belajar yang dapat diandalkan antara lain adanya dukungan internet di seluruh area FILKOM, ruang kelas yang nyaman serta adanya laboratorium yang dapat menunjang kebutuhan penelitian mahasiswa. Terdapat dua jenis laboratorium di FILKOM meliputi laboratorium pembelajaran dan laboratorium riset. Lab pembelajaran digunakan untuk kebutuhan praktek mahasiswa pada beberapa mata kuliah antara lain seperti pemrograman dasar, basis data dan lain sebagainya. Sementara untuk lab riset diperuntukkan bagi mahasiswa yang melakukan penelitian tugas akhirnya. [dna]