Rangkuman Kegiatan Pertemuan Rutin ke 15 Pusat Kajian Geoinformatika

Rangkuman Kegiatan Pertemuan Rutin ke 15 Pusat Kajian Geoinformatika

Pusat Kajian Geoinformatika Universitas Brawijaya melaksanakan pertemuan rutin ke 15 pada tanggal 5 Juni 2015. Pada pertemuan, Febri Abdullah menjelaskan tentang bagaimana membuat Game Assets dengan menggunakan data geospasial. Permasalahan utama adalah bagaimana menghasilkan objek bangunan tunggal berbentuk tiga dimensi yang telah di ekstrak dari data geospasial.

Ada tiga solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Solusi pertama adalah menggunakan Global Mapper. Kelebihan dari solusi ini data dapat dieskpor langsung dalam format 3D ataupun dalam bentuk ASCII. Namun software ini termasuk dalam software berbayar. Solusi kedua adalah dengan menggunakan Visual SFM dan MeshLab yang merupakan freeware, software ini dapat mengekspor dalam bentuk 3D (.ply). Solusi terburuk adalah dengan cara manual untuk memisahkan objek gedung dengan objek lainnya.

Proses yang telah dilakukan adalah sudah mampu membuat data 3D dari data geospasial yang berupa data ketinggian (dalam bentuk ASC) dan diubah menjadi 3D namun masih dalam bentuk satu objek yang utuh, belum terpisah antara satu objek dan lainnya. Salah satu komponen yang harus diperhatikan juga adalah akurasi setiap objek. [RIR,SAP]