FILKOM UB Raih Juara GEMASTIK XVII Tahun 2024

FILKOM UB Raih Juara GEMASTIK XVII Tahun 2024

Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) tahun 2024 adalah gelaran yang ke-17 setelah sebelumnya di tahun 2022 dan tahun 2023 GEMASTIK diadakan di Universitas Brawijaya. Pelaksanaan kegiatan GEMASTIK diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, pada tahun 2024 ini dilaksanakan di Universitas Negeri Semarang (UNNES), selama lima hari (22/09 – 26/09). GEMASTIK XVII mengambil tema “TIK untuk Peningkatan Pelayanan Publik Menuju Masyarakat Indonesia yang Sejahtera” sebagai kontribusi yang ingin diberikan bagi masyarakat luas. GEMASTIK adalah ajang yang memiliki peran yang besar dalam mencetak talenta-talenta digital Indonesia.

Pada GEMASTIK XVII, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) mengirimkan 13 (tiga belas) tim mahasiswa yang berhasil lolos sebagai finalis. Pada Awarding Ceremony GEMASTIK XVII yang dilaksanakan di Auditorium Prof. Wuryanto, UNNES, tampil sebagai juara umum adalah Universitas Indonesia dengan raihan 4 emas, 4 perak, 1 perunggu dan 2 juara harapan. FILKOM UB yang berada di posisi ke 7, berhasil meraih 1 perak, 2 perunggu dan 1 juara harapan. Pada Silver Medal, kategori, Desain Pengalaman Pengguna (UX Design). Bronze Medal, kategori, Pengembangan Bisnis TIK (ICT Business Development), Bronze Medal, kategori Keamanan Siber (Cyber Security), dan juara harapan, kategori Pengembangan Aplikasi Permainan (Game Development).

Adapun karya yang berhasil memperoleh medali perak adalah, GluCare: Aplikasi Penanganan Diabetes Tipe 2 terintegrasi Non-invasive Wearable Glucose Monitor Untuk Mendukung Program Pengelolaan Penyakit Kronis. Nama kelompok : BCC The Explorer, yang beranggotakan : Nabila Nafilia Dyanti (‘22 – Sistem Informasi), Bernadeta Regina Kusumawardhani (‘22 – Sistem Informasi), Noory Azyza (’22 – Sistem Informasi), dengan dosen pembimbing Ir. Retno Indah Rokhmawati, S.Pd., M.Pd. Untuk medali perunggu pertama diraih oleh kelompok : Nama Tim Apa, dengan judul karya DisaBisa: Platform Inklusif Berbasis AI dengan Pelatihan dan Penyaluran Kerja Langsung untuk Lima Kategori Penyandang Disabilitas, yang beranggotakan : Barik Mauluda Wildani (‘22 – Sistem Informasi), Putu Candra Eliantari (‘22 – Teknologi Informasi) dan Sherina Yosephine Angelica (‘22 – Teknik Komputer), dengan dosen pembimbing Ir. Admaja Dwi Herlambang, S.Pd., M.Pd. Medali perunggu kedua diraih oleh kelompok AcRtf, yang beranggotakan : Noverdi Anugrah Ramadhan (‘20 – Teknik Informatika), Qolandar Annuri (‘20 – Teknik Informatika) dan Adhiyaksa Ramadhana Purwidyantoro (‘20 – Teknik Informatika), dengan dosen pembimbing Nur Hazbiy Shaffan, S.T., M.T. Untuk juara harapan dengan karya yang berjudul, SEGEL diraih oleh kelompok 2EZ4RAION, yang beranggotakan : Aldino Titteo Rikardo (‘20 – Pendidikan Teknologi Informasi), Rivaldo Sidiq Pradana (“22 – Pendidikan Teknologi Informasi), Hamdalla Agil Putra Nasol (‘22 – Pendidikan Teknologi Informasi), dengan dosen pembimbing Ir. Adam Hendra Brata, S.Kom., M.T., M.Sc.

Dr. Said Mirza Pahlevi, M. Eng., selaku Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Aplikasi,  Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), pada pidato penutup kegiatan mengatakan bahwa, upaya empowering digital ecosystem Indonesia melibatkan berbagai aspek, termasuk pengembangan infrastruktur digital, kolaborasi lintas sektor, inovasi, dan penghargaan. Semua ini bertujuan untuk menciptakan ekosistem digital yang tangguh, berkelanjutan, dan mendukung pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.

“GEMASTIK bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa Indonesia dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Program ini dirancang untuk menguji kemampuan mahasiswa dalam menghadapi tantangan teknologi masa kini dan mendatang,” tutup Said dalam sambutannya.

Selamat kepada Ananda Nabila Nafilia Dyanti, Bernadeta Regina Kusumawardhani, Noory Azyza, Barik Mauluda Wildani, Putu Candra Eliantari, Sherina Yosephine Angelica, Noverdi Anugrah Ramadhan, Qolandar Annuri, Adhiyaksa Ramadhana Purwidyantoro, Aldino Titteo Rikardo, Rivaldo Sidiq Pradana, Hamdalla Agil Putra Nasol. FILKOM For Society, FILKOM Juara! (rr/rsm)