MoA FILKOM UB dan ISIR : Mahasiswa FILKOM UB Ditanggung Akomodasinya Selama Melakukan Riset Di Osaka University

MoA FILKOM UB dan ISIR : Mahasiswa FILKOM UB Ditanggung Akomodasinya Selama Melakukan Riset Di Osaka University

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) bersama dengan Institute of Scientific and Industrial Research Osaka University (ISIR), Jepang menandatangani Memorandum of Agreement  (MoA) pada tanggal 11 September 2024. Kesepakatan ini akan melibatkan kolaborasi antara Laboratorium Sistem Cerdas, FILKOM UB dan Laboratorium Intelligent Media, Osaka University. Pada penandatangan MoA ini FILKOM UB diwakili oleh Dr. Eng. Novanto Yudistira, S.Kom., M.Sc. selaku kepala Laboratorium Sistem Cerdas, FILKOM UB, didampingi oleh Sabriansyah Rizqika Akbar, S.T., M.Eng.,Ph.D, selaku Ketua Program Studi Ilmu Komputer, Dr. Ir. Lailil Muflikhah, S.Kom., M.Sc. dan Candra Dewi, S.Kom, M.Sc. Pada penandatanganan MoA, Universitas Osaka diwakili oleh profesor Yasushi Yagi, selaku kepala Laboratorium Intelligent Media di ISIR, serta profesor Shun’ichi Kuroda, Direktur ISIR turut hadir dalam acara tersebut.

ISIR juga dikenal sebagai SANKEN Osaka University, memiliki peran utama dalam penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang relevan untuk industri. Yudis mengatakan bahwa dalam MoA ini, mahasiswa program magister FILKOM UB nantinya akan memiliki kesempatan untuk melakukan penelitian bersama di Osaka, dengan biaya akomodasi ditanggung oleh Universitas Osaka. Masa penelitian bersama mahasiswa FILKOM UB di Osaka tidak dibatasi waktu namun biasanya bisa 3 bulan, 6 bulan dan 1 tahun.

“Kerjasama ini diharapkan dapat memperkuat hubungan akademik dan penelitian antara FILKOM UB dan Osaka University. Komitmen FILKOM UB, konsisten memberikan kualitas pendidikan terbaik,” jelas Yudis.

Dalam kegiatan yang berlangsung selama tujuh hari ini, diskusi riset terkait multimodal artificial intelligence, computer vision, deep learning, generative ai dan biometric juga melibatkan Associate Professor, Tomoya Nakamura dan Assistant Professor, Shuqiong Wu. Sebelumnya, kolaborasi riset antara kedua institusi telah dilakukan pada Mei 2024 untuk menjajaki kerjasama dalam konteks (Quacquarelli Symonds) QS 100 (https://filkom.ub.ac.id/2024/05/11/filkom-ub-jadi-pembicara-di-laboratorium-yagi-dan-osaka-university/). (rr)