FILKOM UB Adakan Kuliah Tamu Software Development and Management Concept Bersama Norwegian University of Science and Technology

FILKOM UB Adakan Kuliah Tamu Software Development and Management Concept Bersama Norwegian University of Science and Technology

Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) pada Selasa (10/09/2024) mengadakan kuliah tamu dengan Software Development and Management Concept, melalui GMeet dengan narasumber Dr. Prosper K. Yeng, dosen dari Norwegian University of Science and Technology,  Norwegia. Bertindak sebagai moderator pada kuliah tamu ini, Aswin Suharsono, S.T., M.T.

Prosper membahas mengenai konsep pengembangan perangkat lunak (software engineering) dan metodologi yang digunakan dalam proses pengembangan. Pengembangan perangkat lunak, memiliki beberapa tahapan utama, yaitu analisis kebutuhan, desain, pengkodean, pengujian, implementasi, dan pemeliharaan. Terdapat juga beberapa metodologi pengembangan perangkat lunak, seperti model waterfall dan metode agile.  Konsep manajemen proyek perangkat lunak, termasuk penjadwalan, kontrol versi, manajemen risiko, dan jaminan kualitas.

“Pentingnya pemahaman tentang manajemen proyek bagi mereka yang bekerja di bidang teknologi informasi, karena hal ini akan membantu dalam mengimplementasikan dan mengelola proyek-proyek pengembangan perangkat lunak di perusahaan,” jelas Prosper.

Seperti penggunaan platform Github, sebuah alat kontrol versi yang sangat umum digunakan dalam pengembangan perangkat lunak. Prosper menjelaskan kepada peserta mengenai pengalaman mereka menggunakan Github, karena pengalaman menggunakan alat-alat seperti ini dapat menambah reputasi dan menarik minat perekrut kerja. Metodologi pengembangan software dapat dikategorikan menjadi tradisional dan agile, model Waterfall adalah contoh metodologi pengembangan software tradisional sedangkan model Agile fokus pada kolaborasi, umpan balik pelanggan, dan rilis cepat.

Sebagai dosen pengampu untuk mata kuliah Teknologi Sistem Terintegrasi  Prodi Pendidikan Teknologi Informasi, Aswin berharap mahasiswa dan peserta mendapatkan ilmu dari kegiatan kuliah tamu yang juga merupakan bagian dari kegiatan Program “3-in-1”. (yw/rr)