Persembahan Website MMD FILKOM Untuk Desa Gandusari

Persembahan Website MMD FILKOM Untuk Desa Gandusari

Desa Gandusari yang terletak di Kabupaten Blitar, memiliki potensi yang besar dalam bidang pertanian dan pariwisata. Mahasiswa Membangun Desa (MMD) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) Kelompok 23 menyadari akan hal ini. Dalam proses MMD yang berlangsung selama 3 pekan, kelompok 23 mengembangkan sebuah website yang bertujuan untuk mempromosikan dan mengembangkan potensi Desa Gandusari. Pada Rabu, 31 Juli 2024, menjelang selesainya kegiatan MMD di desa Gandusari, MMD FILKOM UB kelompok 23 meluncurkan website resmi desa Gandusari.

Bertempat di balai Desa Gandusari, peluncuran website dihadiri oleh Wakil Dekan bidang Akademik, Dr. Eng. Ir. Herman Tolle, S.T., M.T., Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan Mahasiswa, Drs. Muh. Arif Rahman, M.Kom., Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kelompok 23, Mochamad Chandra Saputra, S.Kom., M.Eng., M.T., Ph.D. dan Kepala Desa (Kades) Gandusari, Binti Ani Susanti.

Dalam sambutannya Kades sangat mengapresiasi upaya dan inovasi yang telah dilakukan oleh MMD FILKOM. Website ini nantinya selain menjadi media informasi, tetapi juga menjadi sarana untuk memperkenalkan potensi-potensi yang dimiliki oleh Desa Gandusari kepada dunia luar. Dalam sambutan selanjutnya, Drs. Muh. Arif Rahman, M.Kom., website ini nantinya diharapkan dapat meningkatkan taraf juga menyejahterakan perekonomian desa Gandusari.

“Pengabdian kepada masyarakat yang menghasilkan sebuah karya, dan karya itu diberikan kepada desa tempat mengabdi, itu disebut dengan prestasi mahasiswa. Prestasi itu tidak hanya dapat nilai bagus di sebuah perguruan tinggi, namun juga menghasilkan sebuah karya sekali lagi mampu memberikan manfaat yang banyak,” jelas beliau.

John Nicholas F. L. selaku koordinator kelompok 23, desa Gandusari menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas keramahan dan kearifan lokal perangkat dan warga desa yang telah diberikan kepada kelompok 23 selama pelaksanaan MMD juga semangat kebersamaan dan keramahan akan selalu teringat kapanpun. Kegiatan dilanjutkan dengan presentasi dan peluncuran website desa Gandusari. Beragam fitur disematkan dalam website agar memberikan manfaat yang optimal dan berkelanjutan bagi Desa Gandusari.

Pada kesempatan ini juga diserahkan secara simbolis kepada kades Gandusari, Binti Ani Susanti berupa kenang-kenangan berupa sertifikat dan photo recap dari kelompok 23 untuk desa Gandusari dari FILKOM UB yang diwakili oleh Dr. Eng. Ir. Herman Tolle, S.T., M.T. (rr)