FILKOM UB : Prodi Pendidikan Teknologi Informasi Adakan Workshop Implementasi OBE pada SIADO

FILKOM UB : Prodi Pendidikan Teknologi Informasi Adakan Workshop Implementasi OBE pada SIADO

Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi (Prodi PTI) menyelenggarakan kegiatan Implementasi Outcome Based Education (OBE) pada Sistem Informasi Dosen (SIADO) pada 2 – 3 Mei 2024. Bertempat di ruang rapat F5.8, Gedung F Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Program Studi dan semua koordinator mata kuliah semester genap TA 2023/2024.

Acara dibuka dengan sambutan dari Ketua Departemen Sistem Informasi Ir. Issa Arwani, S.Kom., M.Sc. yang menyampaikan bahwa pada semester Genap 2023/2024, Universitas Brawijaya mewajibkan setiap program studi untuk menerapkan manajemen kurikulum berbasis OBE sekaligus mengimplementasikan manajemen tersebut di dalam SIADO. Untuk itu perlu adanya peninjauan dan penyesuaian beberapa dokumen seperti Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan silabus, sehingga pengisian file-file untuk implementasi OBE pada SIADO lebih terkontrol dan tidak tumpang tindih antar mata kuliah.

“Saya ucapkan terima kasih atas peran Bapak Ibu sekalian dalam mensukseskan implementasi OBE pada SIADO ini. Harapannya nanti di akhir semester bisa mencapai 100% implementasinya,” ujar Ir. Issa. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pengarahan dari Ketua Program Studi PTI, Ir. Admaja Dwi Herlambang, S.Pd., M.Pd.. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan akan berlangsung dua hari. Hari pertama para koordinator mata kuliah diminta untuk melakukan pengecekan kelengkapan isi dokumen RPS dan memastikannya sudah berbasis OBE.

Kemudian pada hari kedua dokumen yang sudah disiapkan di hari pertama diimplementasikan dalam sistem SIADO. Untuk diketahui, terdaftar 23 koordinator mata kuliah pada Prodi PTI yang dikumpulkan dalam kegiatan dua hari ini, antara lain mata kuliah Administrasi Basis Data, Penambangan Teks dan Statistika Dasar. [dna/rr]