FILKOM UB Jadi Pembicara di Laboratorium Yagi Dan Osaka University

FILKOM UB Jadi Pembicara di Laboratorium Yagi Dan Osaka University

Dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB), Dr.Eng. Novanto Yudistira, S.Kom., M.Sc., pada tanggal 22- 26 April 2024 menjadi pembicara di The Institute of Scientific and Industrial Research, Osaka University, Suita, Osaka, Jepang. Kehadiran beliau merupakan program dari hibah staff exchange dan joint publication program WCU QS 100 UB, karena Osaka University termasuk universitas peringkat 100 besar QS.

Pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan topik “Explainable Deep Learning for Multipurpose from Weakly Object Segmentation to Identifying Factors“. Deep learning tidak hanya berkaitan dengan training dan inferensi saja namun kekayaan fitur didalamnya bisa dimanfaatkan sebagai eksplanasi atau menjelaskan mengapa deep learning mengklasifikasn objek tersebut sebagai kucing atau anjing misalnya. Eksplanasi menunjukkan bahwa deep learning mengklasifikasikan objek tersebut sebagai anjing dan kucing berdasarkan atribut-atributnya seperti bagian tubuhnya atau matanya dan lain sebagainya. Hal ini menunjukkan deep learning berperilaku seperti manusia ketika menentukan keputusan. Apabila kita berhasil melakukan eksplanasi sedemikian maka bisa kita manfaatkan eksplanasi tersebut ke task-task lain misal untuk segmentasi objek tanpa pengetahuan akan presisi objek tersebut bahkan sampai menjawab faktor-faktor apa sajakah yang menyebabkan  kasus COVID-19 naik atau turun, misalnya.

Pemberian materi selama kurang lebih 1 jam dihadiri oleh profesor, associate professor, assistant professor, juga mahasiswa dari The Institute of Scientific and Industrial Research, Osaka University. Materi yang disampaikan beliau cukup menarik sehingga dilanjutkan sesi tanya jawab dengan peserta. Kegiatan lain selama di Jepang yaitu melaksanakan publikasi bersama dengan Prof. Yasushi Yagi pakar di bidang Computer Vision dan Gait Recognition. Tidak kalah pentingnya, pada kesempatan itu juga dilaksanakan Memorandum of Agreement (MoA) antara FILKOM UB dengan The Institute of Scientific and Industrial Research, Osaka University utamanya laboratorium Yagi dalam hal global partnership, research collaboration, academic exchange, student exchange, dan sharing ICT lab. (yd/rr)