Special Guest Lecture bersama Global Coding Inc

Special Guest Lecture bersama Global Coding Inc


Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menyelenggarakan special guest lecture dengan menghadirkan Kiichiro Muto, CEO Global Coding Inc Jepang (Gloding Inc) pada Jumat (10/11/2023). Acara dibuka oleh Dr.Eng. Ir. Herman Tolle, S.T., M.T. Wakil Dekan I bidang Akademik FILKOM bertempat di Aula Algoritma gedung G lantai 2.

Materi yang diangkat dalam kesempatan tersebut adalah Information Technology (IT) Related Development Process. Kiichiro memaparkan tentang bagaimana proses Pengembangan Produk IT berdasarkan pengalamannya lebih dari 10 tahun mengembangkan IT Company Based di Jepang dan Indonesia. Beliau menyampaikan bahwa dalam pengembangan produk IT dapat dibagi dalam tiga jenis proses bisnis, yaitu consulting business, design business dan development business. Seseorang yang akan membangun sebuah Perusahaan IT ditahap awal dapat memilih akan memfokuskan pekerjaannya di bidang yang mana diantara ketiganya.
Kiichira menambahkan, jika Perusahaan memilih bergerak di bidang consulting business maka jenis pekerjaan yang akan dilakukan meliputi consulting, planning, branding, site analysis dan promotion. Sementara untuk Perusahaan yang memilih bergerak di bidang design business dapat menangani hal-hal terkait design dan advanced technology research test. Terakhir untuk Perusahaan yang bergerak di bidang development business dapat menangani hal-hal meliputi system development, site production, app building dan maintenance/operation.


Dia juga berpesan bahwa perkembangan IT saat ini sudah sangat cepat. Hal ini membuat beberapa pekerjaan yang semula harus dikerjakan manual oleh manusia, kini dapat dikerjakan oleh teknologi/mesin dengan waktu yang relatif singkat. Dicontohkan oleh Kiichiro bahwa mengedit gambar menggunakan photoshop, seperti menggabung beberapa gambar menjadi satu, kini sudah tidak sesulit dulu. Hal ini dikarenakan photoshop versi terbaru sudah menyematkan Artificial Intelligence (AI) di sistemnya. Oleh karena itu Kiichiro berpesan agar mahasiswa harus selalu mengupate pengetahuannya agar bisa bersaing di industri IT Ketika lulus kelak. (dna/rr)