Kuliah Tamu Teknologi Informasi : Peran Keilmuan Komputer dalam IT, Cyber Security dan IoT

Kuliah Tamu Teknologi Informasi : Peran Keilmuan Komputer dalam IT, Cyber Security dan IoT

Malang, 14 Oktober 2023 – Program Studi Teknologi Informasi (Prodi TI) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menyelenggarakan kegiatan kuliah tamu bertemakan Peran Keilmuan Komputer dalam IT, Cyber Security dan Internet of Things (IoT) pada Jumat (13/10/2023). Dua orang pemateri yang hadir adalah Nugroho Wibisono, S.T., M.M., M. Kom. selaku General Manager IT dan Cyber Security Telkomsat serta Ir. Zainul Abidin, S.T., M.E ng., M.T., Ph.D. salah satu dosen di FILKOM UB. Acara dipandu oleh Tibyani S.T., M.T. salah satu dosen FILKOM dan bertempat di Gedung Kreativitas Mahasiswa (GKM) lantai 4 dengan dihadiri oleh puluhan mahasiswa.

Pada kesempatan tersebut Zainul Abidin menjelaskan tentang bagaimana keilmuan komputer diaplikasikan dalam bidang Internet of Things. Sementara Nugroho memaparkan materi tentang pengantar teknologi satelit, implementasi di dunia industri dan bagaimana integrasinya dengan ilmu komputer, jaringan multimedia dan cyber security. Dijelaskan bahwa Satelit adalah objek yang bergerak mengitari bumi atau planet lainnya. Ada dua macam satelit yaitu natural satellite (contoh: bulan, dll) dan artificial satellite. Artificial satellite adalah objek buatan manusia yang sengaja diorbitkan untuk kebutuhan pengumpulan informasi dan atau komunikasi.

Produk teknologi satelit meliputi transponder capacity, VSAT, USAT & Gyro, Mobile Satellite Service (MSS), Broadcast Satellite Service (BSS), Consumer Broadband, Support Network, Solution Global Network dan IoT Satellite. Produk-produk teknologi satelit saat ini sudah banyak dimanfaatkan di dunia industri baik industri perbankan, pemerintahan, penyiaran, Mining Oil & Gas, maupun telekomunikasi. Disampaikan oleh Nugroho bahwa beberapa posisi yang bisa ditempati oleh lulusan IT di industri teknologi satelit meliputi IT & Telco Infra, Digital Product, IT Enterprise, IT Analyst dan IT Security. Adapun kemampuan dan sertifikasi yang harus dimiliki untuk posisi IT & Telco Infra antara lain MTCNA, MTCRE, MTCINE, CCNA, CCNP, JNCIA, COMPTIA. Sementara untuk Digital Product, IT Enterprise, IT Analyst antara lain Bahasa Pemrograman, Framework, PHP, ASP, MySQL, Java, React, CI, Lavarel, API, Phyton, Power BI dan Tableau. Sedangkan untuk IT Security meliputi ISO 27001, CISSP, CEH, COMPTIA+, SEC dan CISA.

Usai kegiatan kuliah tamu, Nugroho selaku praktisi di industri IT juga diminta memberikan masukan terkait kurikulum mata kuliah pengantar keilmuan komputer. Hal ini dilakukan dalam upaya persiapan rekonstruksi kurikulum di FILKOM agar lebih selaras dengan kebutuhan industri yang berkembang pesat. (drn/dna)