Prodi TIF Hadirkan Dosen National Central University Taiwan Dalam Kuliah Tamu Text Mining

Prodi TIF Hadirkan Dosen National Central University Taiwan Dalam Kuliah Tamu Text Mining

Program Studi Teknik Informatika (Prodi TIF) Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOMUB) menyelenggarkan kuliah tamu pada mata kuliah Text Mining. Kegiatan kuliah tamu ini merupakan kegiatan visiting professor dan praktisi industri 3in1 dengan mengundang Prof. Richard Tzong-Han Tsai dari National Central University, Taiwan dan Muhammad Fadhli, S.Kom., M.Sc, seorang NLP Engineer di Prosa AI.

Terbagi menjadi beberapa pertemuan, kuliah tamu dari Prof. Richard dimulai pada Rabu (20/9/2023) dengan materi pokok Word Embedding, kemudian dilanjut pada pertemuan kedua pada Rabu (27/9/2023) dengan materi Transformers. Sementara itu untuk Muhammad Fadhli mengisi di pertemuan ketiga (4/10/2023) dan keempat (11/10/2023).

Dalam kuliah tamu yang dibawakan Prof. Richard, beliau membahas berbagai aspek penting mengenai text mining, sebuah cabang ilmu dalam data mining yang fokus pada analisis teks dan informasi yang terdapat dalam dokumen-dokumen teks. Dalam presentasinya, Prof. Tsai membahas berbagai teknik dan algoritma yang digunakan dalam text mining, serta aplikasi praktisnya dalam perkembangan keilmuan terkini.

Prof. Richard Tzong-Han Tsai dalam menyampaikan materi di pertemuan pertama.
Prof. Richard Tzong-Han Tsai dalam menyampaikan materi di pertemuan pertama.

Text Mining is a method consisting of many steps that allows you to infer information from unstructured text data. The process of cleaning and converting text data into a usable format is called text preprocessing, and it must be done before you can use any of the many text mining techniques,” terang Prof. Richard

Selain itu Prof. Richard juga menjelaskan bahwa dalam prosesnya, text mining bertujuan untuk memproses data tidak terstruktur untuk mengekstrak pola yang berarti dan dapat ditindaklanjuti untuk pengambilan keputusan yang lebih baik. Penggunaan teknik text mining pada zaman sekarang lebih diutamakan dibandingkan alat dan teknik analisis data tradisional karena kemampuan text mining yang lebih mampu dalam memproses atau menganalisis volume data yang jumlahnya sangat besar.

Dihadiri sekitar 124 mahasiswa serta beberapa dosen dari Prodi TIF, Prof. Richard memberikan wawasan yang berharga tentang bagaimana text mining dapat digunakan untuk menggali pengetahuan dari data teks yang besar dan kompleks, yang memiliki potensi untuk membantu berbagai industri dalam pengambilan keputusan yang lebih baik.

Para peserta yang hadir dalam kuliah tamu Text Mining.
Para peserta yang hadir dalam kuliah tamu Text Mining.

Kuliah tamu ini merupakan salah satu upaya Prodi TIF untuk terus memperluas wawasan mahasiswanya untuk memperoleh wawasan secara global dari dosen luar negeri serta mengetahui beberapa ilmu terkini yang digunakan dalam dunia industri, sehingga para mahasiswa memiliki pengalaman lebih ketika sudah lulus nantinya.[drn]