Prodi Teknik Komputer Undang Prof. Ichijo Hodaka dari Miyazaki University Untuk Berikan Pemahaman Pada Mahasiswa Mengenai Microcontroller System

Prodi Teknik Komputer Undang Prof. Ichijo Hodaka dari Miyazaki University Untuk Berikan Pemahaman Pada Mahasiswa Mengenai Microcontroller System

Jum’at (8/9/2023) Program Studi Teknik Komputer (Prodi Tekkom) Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menggelar kuliah tamu secara daring, dengan pemateri Prof. Ichijo Hodaka dari Miyazaki University, Jepang. Kegitan kuliah tamu ini merupakan program Hibah Visiting Professor 3in1 dimana mengundang dosen luar dan praktisi industri dalam memberikan materi perkuliahan bagi mahasiswa FILKOM khususnya di Prodi Tekkom.

Kagiatan kuliah tamu ini dimulai dengan sambutan Ketua Prodi Tekkom, Barlian Henryranu Prasetio, S.T. ,M.T., Ph.D dimana beliau mengapresiasi dan berterima kasih atas kesediaan Prof. Ichijo untuk meluangkan waktunya dan membagikan ilmu kepada mahasiswa Prodi Tekkom. Harapannya mahasiswa dapat mengikuti secara antusias kegiatan kuliah tamu ini dan menambah pengetahuan mengenai Microcontroller.

Kaprodi Tekkom saat membuka kuliah tamu dari Prof. Ichijo.
Kaprodi Tekkom saat membuka kuliah tamu dari Prof. Ichijo.

Dalam kuliah tamu ini, Prof. Ichijo Hodaka membahas beragam topik penting terkait sistem microcontroller, mulai dari konsep dan aplikasi Laplace Transform dalam berbagai bidang, termasuk pengolahan sinyal, kontrol sistem, dan pemodelan matematis. Beliau menjelaskan konsep dasar Laplace Transform, sifat-sifatnya, dan bagaimana menerapkannya dalam menganalisis sistem linier. Selain itu, Prof. Ichijo Hodaka juga membahas penggunaan Laplace Transform dalam pemecahan masalah dunia nyata, seperti dalam perancangan filter sinyal dan kontrol sistem.

Laplace transform is away of solving a differential equation in mathematics. It’s a way of observing an object and designing a controller in control theory. You will do your experiment with electric motor, some electric parts and microcontroller. Then you will describe how the motor rotates as a differential equation. In other to predict and control the behaviour of motor, you have to solve the equation. Then you tell a microcontroller how to control the motor by writing a program,” teran Prof. Ichijo.

Materi yang disampaikan Prof. Ichijo.
Materi yang disampaikan Prof. Ichijo.

Mahasiswa yang menghadiri kuliah tamu ini terlihat antusias mengikuti presentasi Prof. Ichijo Hodaka dan mengajukan beberapa pertanyaan yang menarik. Mereka memiliki kesempatan langka untuk berinteraksi langsung dengan dosen luar negeri dan memperluas pemahaman mereka tentang laplace transform dan microcontroller system.

Selain Prof. Ichijo tentunya Prodi Tekkom juga menyelenggarkan kuliah tamu dengan beberapa praktisi industri yang nantinya akan memeberikan ilmu dan pandangan-pandangan teoritis yang sesuai dengan dunia kerja, hal ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan memperluas wawasan mahasiswa. Semoga kegiatan dan program seperti ini terus berkembang untuk menghasilkan lulusan yang lebih kompeten dan siap bersaing dalam dunia teknologi yang terus berkembang.[drn]