Prodi Teknologi Informasi Lanjutkan Kuliah Tamu Dengan UTHM Malaysia Di Hari Kedua

Prodi Teknologi Informasi Lanjutkan Kuliah Tamu Dengan UTHM Malaysia Di Hari Kedua

Prodi Teknologi Informasi (TI) Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) terus menghadirkan kuliah tamu yang berkualitas untuk mahasiswa di bidang Teknologi Informasi. Pada hari kedua rangkaian kuliah tamu, Jum’at (22/9/2023) FILKOM UB kedatangan seorang dosen lagi dari Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM), yaitu Dr. Suhaimi bin Abd Ishak. Dalam sesi ini, Dr. Suhaimi bin Abd Ishak membahas topik yang sangat relevan, yaitu “Energy-Efficient IoT Devices and Communication Networks”. Pada hari kedua ini peserta tetap sejumlah 85 mahasiswa.

IoT (Internet of Things) telah menjadi salah satu revolusi terbesar dalam teknologi informasi modern. Ini mengacu pada jaringan perangkat yang saling terhubung dan dapat mengirim dan menerima data secara otomatis. Dalam kuliah tamu ini, Dr. Suhaimi bin Abd Ishak membahas pengertian IoT dan strategi dan solusi dalam efisiensi, produktivitas dan kualitas hidup manusia.

“IoT memungkinkan pengumpulan data secara otomatis dari berbagai perangkat atau objek, dan memungkinkan data tersebut diolah dan dianalisis untuk menghasilkan informasi yang berguna bagi pengambilan keputusan. Dengan demikian, IoT dapat membantu meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kualitas hidup manusia,” terang Suhaimi.

Dr. Suhaimi bin Abd Ishak saat memaparkan materi mengenai IoT.
Dr. Suhaimi bin Abd Ishak saat memaparkan materi mengenai IoT.

Suhaimi juga menjelaskan bahwa IoT juga dapat diaplikasikan di berbagai bidang, seperti rumah pintar, transportasi, industri, kesehatan, dan pertanian. Contoh penerapan IoT di rumah pintar adalah lampu pintar yang dapat diatur melalui smartphone, kunci pintu pintar yang dapat dibuka dan dikunci dari jarak jauh, dan perangkat keamanan rumah yang terhubung ke internet. Di bidang kesehatan, IoT dapat digunakan untuk memantau kondisi kesehatan pasien secara real-time dan memberikan perawatan yang lebih efektif.

Kuliah tamu ini tidak hanya memberikan wawasan mendalam tentang IoT yang efisien tetapi juga menjadi platform untuk diskusi dan pertukaran ide. Mahasiswa FILKOM UB dan peserta lainnya aktif bertanya dan berbagi pandangan mereka tentang perkembangan terbaru dalam dunia IoT.

Para partisipan mahasiswa prodi TI yang mengikuti kuliah tamu Dr. Suhaimi bin Abd Ishak.
Para partisipan mahasiswa prodi TI yang mengikuti kuliah tamu Dr. Suhaimi bin Abd Ishak.

Kegiatan ini juga menjadi bagian dari upaya Prodi TI untuk memperluas jaringan internasional dan meningkatkan kolaborasi dengan institusi pendidika. Semoga kuliah tamu bersama Dr. Suhaimi bin Abd Ishak dari UTHM Malaysia dapat terus memperkaya pengalaman akademik di FILKOM UB dan membantu mahasiswa dan dosen untuk menghadapi tantangan di era IoT yang semakin berkembang pesat.[drn]