Prodi Teknologi Informasi Gelar Kuliah Tamu Bersama Dosen UTHM Malaysia

Prodi Teknologi Informasi Gelar Kuliah Tamu Bersama Dosen UTHM Malaysia

 

Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer dalam program Hibah Visiting Professor 3 in 1 bekerjasama dengan Universitas Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM) menyelenggarakan kegiatan kuliah tamu dengan mengundang Prof. Madya Ts. Dr. Mohd Farhan Bin Md. Fudzee yang berasal dari Faculty of Computer Science & Information Technology atau Fakulti Sains Komputer dan Teknologi Maklumat (FSKTM), UTHM. Kegiatan kuliah tamu ini diselenggarakan secara langsung di Auditorium Algoritma pada Kamis (21/9/2023) dengan dihadiri sekitar 85 mahasiswa.

Kuliah tamu yang diselenggarkan selama 2 (dua) hari ini dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM UB), Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., MT., Ph.D. Beliau menyampaikan kepada para mahasiswa FILKOM agar dengan sungguh-sungguh mengikuti kuliah tamu yang diselenggarakan oleh beberapa mata kuliah, dimana kuliah tamu ini menghadirkan profesor dari luar negeri serta praktisi-paraktisi industri terkemuka di Indonesia, sehingga mahasiswa akan mendapatkan pengalaman serta manfaat secara langsung dari para pemateri.

Sambutan diberikan oleh Dekan FILKOM UB.
Sambutan diberikan oleh Dekan FILKOM UB.

Prof. Madya Ts. Dr. Mohd Farhan Bin Md. Fudzee menyampaikan materi yang sangat relevan dan penting mengenai Big Data. Big Data merupakan topik yang semakin mendominasi dunia teknologi informasi dan berdampak pada berbagai aspek kehidupan, termasuk bisnis, kesehatan, riset, dan pemerintahan. Beliau berbagi wawasan mendalam mengenai konsep Big Data, serta bagaimana teknologi ini telah mengubah cara organisasi dan perusahaan mengelola dan menganalisis data mereka. Ia juga mengulas berbagai tantangan yang terkait dengan pengelolaan Big Data, seperti skalabilitas, keamanan, dan privasi data.

Big Data juga bisa diartikan sebagai pengembangan dari sebuah sistem database pada umumnya. Penggunaan basis data sangat penting dalam pengelolahan, penyimpanan serta untuk memanagement segala bentu informasi secara terstruktur dan tersistem,” ungkap Prof. Farhan.

Prof. Farhan ketika memberikan materi mengenai Big Data pada mahasiswa FILKOM.
Prof. Farhan ketika memberikan materi mengenai Big Data pada mahasiswa FILKOM.

Peserta kuliah tamu, yang terdiri dari mahasiswa, dan dosen dari FILKOM UB sangat antusias dan aktif berpartisipasi dalam diskusi yang berlangsung setelah presentasi. Diskusi tersebut memungkinkan para peserta untuk mengajukan pertanyaan dan berbagi pandangan mereka tentang Big Data.

Kegiatan seperti ini menjadi salah satu wujud nyata dari kerjasama akademik internasional yang dikelola oleh FILKOM UB. Melalui pertukaran ilmu pengetahuan dengan institusi ternama seperti UTHM Malaysia, FILKOM UB berharap dapat terus menginspirasi mahasiswa dan dosen serta memberikan dampak positif pada pengembangan teknologi informasi di lingkup perguruan tinggi. Selanjutnya kuliah tamu Prodi TI juga dilaksanakan pada Jum’at (22/9/2023) dengan pemateri Dr. Suhaimi bin Abd Ishak, yang juga dari UTHM Malaysia.[drn]