FILKOM UB Undang Profesor Ritsumeikan University Jepang Untuk Diskusi Tentang Rekayasa Perangkat Lunak Dalam Topik Smart Tourism

FILKOM UB Undang Profesor Ritsumeikan University Jepang Untuk Diskusi Tentang Rekayasa Perangkat Lunak Dalam Topik Smart Tourism

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) telah menjalin kolaborasi internasional yang menarik dengan mengundang Prof. Victor Kryssanov dari Ritsumeikan University, Jepang, untuk memberikan kuliah tamu pada Kamis (14/9/2023). Selain itu dalam kegiatan kuliah tamu ini juga berkolaborasi dengan kelas Global Software Engineering di Ritsumeikan University dan Institute of Technology Nuremberg, Jerman. Di kelas ini mahasiswa dari ketiga universitas akan berkolaborasi mengerjakan proyek Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) bersama dalam topik Smart Tourism.

Selain kolaborasi dari ketiga perguruan tinggi, kegiatan ini juga melibatkan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dan Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang. Kunjungan Prof. Kryssanov menjadi pengalaman berharga bagi mahasiswa FILKOM khususnya bagi mahasiswa Prodi Magister Ilmu Komputer, dimana beliau menyampaikan beberapa materi mengenai RPL.

Prof. Kryssanov dalam mengisi kuliah tamu di kelas pada Prodi Magister Ilmu Komputer.
Prof. Kryssanov dalam mengisi kuliah tamu di kelas pada Prodi Magister Ilmu Komputer.

Prof. Kryssanov memaparkan perkembangan dalam dunia rekayasa perangkat lunak dan bagaimana teknologi tersebut dapat diaplikasikan dalam meningkatkan pengalaman pariwisata. Ia berbagi wawasan tentang metode pengembangan perangkat lunak yang efektif, manajemen proyek cerdas, dan pentingnya berkolaborasi dalam proyek-proyek berbasis teknologi.

Pada sesi diskusi yang berlangsung setelah kuliah tamu, Profesor Kryssanov berinteraksi langsung dengan peserta yang antusias. Ia menjawab berbagai pertanyaan dan memberikan masukan berharga tentang bagaimana FILKOM UB dapat berkontribusi dalam proyek Smart Tourism yang sedang berkembang khusunya di kota Malang.

Tentunya kunjungan dari Prof. Kryssanov mendapat sambutan positif dari Kaprodi Magister Ilmu Komputer, Sabriansyah Rizqika Akbar, S.T., M.Eng., Ph.D.

“Kunjungan dari Prof.  Victor Kryssanov ini memberikan peluang luar biasa bagi mahasiswa dan dosen FILKOM UB untuk memperdalam pemahaman tentang RPL dan aplikasinya dalam proyek-proyek Smart Tourism. Ini juga merupakan langkah positif dalam memperkuat kerjasama internasional FILKOM UB dalam bidang ilmu komputer,” sambut Sabriansyah.

Suasana di ruang diskusi bersama Prof. Kryssanov, beberapa mahasiswa dan dosen FILKOM.
Suasana di ruang diskusi bersama Prof. Kryssanov, beberapa mahasiswa dan dosen FILKOM.

Setelah itu dalam sesi diskusi Prof. Kryssanov ditemani oleh Ir. Tri Astoto Kurniawan, S.T., M.T., Ph.D. dan Dr. Eng. Budi Darma Setiawan, S.Kom., M.Cs. (FILKOM) serta beberapa perwakilan mahasiswa dan pihak Diskominfo dan Disporapar kota Malang.

Kolaborasi antara FILKOM UB dan Ritsumeikan University ini diharapkan akan membuka pintu bagi kerja sama lebih lanjut dalam pengembangan teknologi pariwisata di Indonesia, khusunya di kota Malang, yang semakin penting dalam menghadapi era pariwisata digital.[drn]