Semarak Pembukaan GEMASTIK XVI 2023, FILKOM UB Siap Sukseskan Kegiatan Untuk Kali Kedua

Semarak Pembukaan GEMASTIK XVI 2023, FILKOM UB Siap Sukseskan Kegiatan Untuk Kali Kedua

Final GEMASTIK XVI Tahun 2023 telah resmi dimulai! Gedung Samantha Krida Universitas Brawijaya (UB) menjadi saksi penting dalam pembukaan GEMASTIK XVI (Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi) yang digelar pada Rabu (13/9/2023). Dua tahun berturut, Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM UB) ditunjuk dengan bangga sebagai tuan rumah penyelenggara kompetisi (final) yang menjadi magnet bagi para mahasiswa di bidang IT dan TIK dari seluruh penjuru Indonesia. Pembukaan GEMASTIK XVI secara simbolis dilakukan pemukulan gong oleh Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Asep Sukmayadi, S.IP

Pembukaan GEMASTIK XVI dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang diwakili Staf Ahli Bidang Manajemen & Talenta, Tatang Muttaqin, S.Sos., M.Ed., Ph.D. Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan Mahasiswa, Dr. Setiawan Noerdajasakti, SH., MH, yang memberikan sambutan hangat kepada semua peserta. Selain itu juga ada penyampaian laporan kegiatan dari Ketua Panitia GEMASTIK XVI, Drs. Muh. Arif Rahman, M.Kom. yang juga selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kewirausahaan Mahasiswa FILKOM UB.

Pelaporan kegiatan Gemastik oleh Muh. Arif Rahman selaku Ketua Panitia Kegiatan.
Pelaporan kegiatan Gemastik oleh Muh. Arif Rahman selaku Ketua Panitia Kegiatan.

Dalam laporannya, Arif Rahman menyampaikan betapa pentingnya GEMASTIK sebagai ajang bergengsi dalam dunia kompetisi mahasiswa TIK di Indonesia. Tahun ini kegiatan final dilaksanakan sepenuhnya secara luring dimana di tahun sebelumnya kegiatan final dilaksanakan secara hybrid karena faktor pandemi.

“Tahun ini, GEMASTIK diikuti sejumlah 315 Perguruan Tinggi di Indonesia dengan total 2.781 tim dari 11 divisi lomba. Setelah melalui babak penyisihan, tersaring 221 tim finalis dari 70 Perguruan Tinggi. Selain itu untuk juri lomba ada sekitar 33 orang juri ,” papar Arif Rahman.

Arif Rahman juga menyampaikan bahwa FILKOM UB juga telah menyiapkan 28 ruang untuk kegiatan final yang terbagi di masing-masing gedung, ada juga yang bertempat di ruang aula atau auditorium (Auditorium Algoritma).  Selain itu FILKOM juga menyediakan ruang transit bagi para peserta sebelum memasuki ruang lomba agar peserta mahasiswa dapat lebih siap ketika lomba dimulai.

Semua kegiatan selama pelaksanaan GEMASTIK disiarkan secara streaming melalui kanal Youtube UB, dengan tujuan sebagai pembelajaran bagi tim yang akan berjuang di tahun depan. Arif Rahman juga mengucapkan selamat bertanding dan berharap para peserta menjunjung tinggi sportivitas seperti slogan GEMASTIK “Jujur itu Juara!”

Sambutan juga disampaiak Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan Mahasiswa, Dr. Setiawan Noerdajasakti. Beliau menyampaikan bahwa GEMASTIK merupakan wadah penting untuk menyalurkan kreativitas, pemikiran inovatif, serta kemampuan teknologi mahasiswa di seluruh Indonesia.

“Sebagai tuang rumah, UB merasa terhormat atas kepercayaan yang diberikan oleh Puspresnas dan Kementerian. GEMASTIK diharapkan akan menjadi wadah inspirasi bagi para mahasiswa TIK untuk terus berinovasi dalam membantu memecahkan permasalahan di masyarakat melalui teknologi.” sambut Noerdajasakti.

Penyerahan Piala Bergilir GEMASTIK oleh Asep Sukmayadi (Kiri) kepada Setiawan Noerdajasakti (kanan)
Penyerahan Piala Bergilir GEMASTIK oleh Asep Sukmayadi (Kiri) kepada Setiawan Noerdajasakti (kanan)

Noerdajasakti menambahkan selain sebagai kegiatan kompetisi, harapannya para peserta lomba juga dapat memperluas pengetahuan, jejaring, dan relasi di antar universitas sehingga kelak akan tumbuh pemimpin-pemimpin yang ahli di bidang TIK bagi Indonesia.

Tahun ini Kontingen UB diwakili sejumlah 11 tim dimana 7 tim dari FILKOM. Selama 3 (tiga) hari kedepan, seluruh peserta akan melakukan kegiatan final di FILKOM UB dan ditutup pada Jum’at (15/9/2023) di Gedung Samantha Krida. Tentunya sebagai tuang rumah akan memberikan semangat tersendiri bagi kontingen UB, semoga mendapatkan hasil terbaik dan membawa nama baik Universitas Brawijaya.[drn]

Berikut jumlah peserta GEMASTIK XVI yang masuk babak final dari 11 divisi lomba yang diumumkan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Puspresnas Kemdikbudristek. (1) Pemrograman (Programming) = 20 peserta. (2) Keamanan Siber (Cyber Security) = 20 peserta. (3) Penambangan Data (Data Mining) = 20 peserta. (4) Desain Pengalaman Pengguna (UX Design) = 20 peserta. (5) Animasi (Animation) = 20 peserta. (6) Kota Cerdas (Smart City) = 20 peserta. (7) Karya Tulis TIK (ICT Scientific Science) = 21 peserta. (8) Pengembangan Perangkat Lunak (Software Development) = 20 peserta. (9) Piranti Cerdas, Sistem Benam, dan IoT (Smart Device, Embedded System & IoT) = 20 peserta. (10) Pengembangan Aplikasi Permainan (Game Development) = 20 peserta. (11) Pengembangan Bisnis TIK (ICT Business Development) = 20 peserta.

Informasi tentang GEMASTIK dapat dilihat  pada laman https://gemastik.kemdikbud.go.id/.