Prodi Teknik Komputer Selenggarakan Kuliah Tamu Bahas Socio-Technical System

Prodi Teknik Komputer Selenggarakan Kuliah Tamu Bahas Socio-Technical System

Program Studi Teknik Komputer Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menggelar kegiatan kuliah tamu yang menarik pada Selasa (29/8/2023) secara daring. Kali ini, para mahasiswa diberikan kesempatan untuk mendengarkan materi tentang “Socio-Technical System“. Kegiatan kuliah tamu ini merupakan program visiting professor 3in1 dari Prodi Tekkom dan dihadiri sekitar 120 partisipan mahasiswa. Mengundang La Ode Muhammad Fadlun Akbar (Fadlun), seorang yang bekerja di Japan Weather News tentunya materi Socio-Technical System (STS) menarik untuk diikuti. Selain itu dalam kuliah tamu ini turut hadi Kaprodi Tekkom, Barlian Henryranu Prasetio, S.T. ,M.T., Ph.D

STS adalah pendekatan yang semakin penting dalam dunia teknologi informasi dan sistem komputer. Pendekatan ini menggabungkan aspek sosial dan teknis dalam perancangan, pengembangan, dan pengelolaan teknologi informasi. Dengan kata lain, STS mengakui bahwa teknologi tidak berdiri sendiri, melainkan selalu terkait dengan masyarakat yang menggunakannya.

“Area dari STS, dari perspektif IT didudukkan pada kelompok “software intensive systems“, dimana berisi interaksi kompleks antara komponen software, alat dan komponen sosial (orang atau kelompok orang), tidak sebagai pengguna software tapi sebagai pemain yang digunakan dalam sistem pada umumnya” terang Fadlun.

Selain itu Fadlun juga menjelaskan dampak teknologi terhadap masyarakat, budaya, dan ekonomi. Dia juga menyoroti bagaimana perubahan sosial dapat memengaruhi perkembangan teknologi. STS diharapkan dapat membantu dan mempermudah manusia dalam melakukan pengumpulan dan penyimpanan data.. STS dapat diterapkan dengan memperhatikan berbagai aspek mulai dari sosial, psikologis, computer science, dan teknikal.

Setelah materi disampaikan, ada sesi tanya jawab yang memungkinkan para mahasiswa untuk berinteraksi langsung dengan Fadlun. Ini memberi mereka kesempatan untuk menggali lebih dalam topik-topik yang dibahas.

Partisipan mahasiswa yang mengikuti kegiatan kuliah tamu Socio-Technical System.
Partisipan mahasiswa yang mengikuti kegiatan kuliah tamu Socio-Technical System.

Barlian selaku Kaprodi Tekkom, menyampaikan apresiasinya kepada pemateri dan para mahasiswa yang antusias hadir di kuliah tamu ini. Dilihat dari jumlah partisipan yang banyak menandakan bahwa materi yang diulas pada kuliah tamu ini cukup menarik.

“Kuliah tamu ini untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang beragam dan relevan bagi mahasiswa Prodi Tekkom khusunya. Materi Socio-Technical System sangat penting dalam membantu mahasiswa memahami kompleksitas teknologi modern dan peran dalam mengembangkannya.” Sambut Barlian.

Diharapkan, pengetahuan yang mahasiswa peroleh dalam kuliah tamu ini akan memberikan dasar yang kuat bagi pengembangan karir mereka di bidang teknologi dan komputer. Selanjutnya akan ada beberapa rangkaian kuliah tamu dari Prodi Tekkom yang juga termasuk dalam program 3in1, diharapkan juga banyak mahasiswa yang tertarik untuk mengikuti kuliah tamu ini.[drn]