Berikan Pemahaham Lengkap Mengenai Proses Perkuliahan, Prodi PTI Selenggarakan Sosialisasi Akademik Dan Mata Kuliah

Sabtu (21/1/2023) Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi (Prosi PTI) Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menyelenggarakan Sosialisasi Akademik dan Mata Kuliah kepada seluruh mahasiswa Prodi PTI secara daring. Tujuan diselenggarakannya sosialisasi ini agar mahasiswa dapat mempersiapkan rencana studinya untuk Semester Genap 2022/2023. Materi sosialisasi langsung disampaikan oleh Ketua Program Studi (Kaprodi) PTI yaitu Ir. Admaja Dwi Herlambang, S.Pd., M.Pd.

“Tidak hanya mata kuliah yang tersedia dan ditawarkan di KRS, beberapa hal perlu saya sampaikan terkait hasil evaluasi pembelajaran di semester ganjil yang lalu,” terang Herlambang.

Herlambang juga menyampaikan untuk mahasiswa baru di semester satu dan dua tidak perlu untuk memprogram KRS dikarenakan mata kuliah sudah tersedia dalam bentuk paket dan sudah otomatis di set oleh akademik fakultas sesuai dengan desain kurikulum Prodi PTI. Namun, mahasiswa juga wajib berkonsultasi dengan dosen Pembimbing Akademik (PA) masing-masing untuk menyampaikan progress perkuliahannya.

Beberapa materi yang disampaikan oleh Herlambang dalam sosialisasi ini yaitu proses pengisian KRS, konsultasi akademik, desain kurikulum Prodi PTI, Skripsi, Pengisian Umpan Balik Pembelajaran dan yang terakhir Etika Akademik. Selain itu Herlambang juga menerangkan mengenai mahasiswa yang tertarik untuk mengikuti program MBKM, bagaimana untuk mendaftar dan mengikuti alur yang ditentukan oleh fakultas.

Selanjutnya Herlambang menyampaikan bahwa fakultas juga menyediakan aplikasi BIMO (Bimbingan Online) sebaga cara alternatif untuk berkonsultasi akademik kepada dosen PA. Mahasiswa yang secara konsisten dan berkala untuk berkonsultasi dengan dosen PA biasanya akan mudah dalam melalui proses perkuliahan karena dosen PA akan memberikan saran dan masukan ketika mahasiswa tersebut menemui permasalahan. Untuk BIMO FILKOM UB dapat diakses melalui tautan berikut https://play.google.com/store/apps/details?id=ub.filkom.bimoLogin

“Dosen PA menjadi tempat para mahasiswa untuk berkonsultasi jika menemukan kendala dalam perkuliahannya, semisal merasa salah jurusan, mendapatkan nilai jelek dalam ujian dan ingin meningkatkan kemampuan dalam belajar, tidak lulus mata kuliah, jadwal bentrok dan masih banyak lagi,” tambahnya.

Di akhir kegiatan juga dilaksanakan sesi diskusi dimana para mahasiswa yang masih bingung dan memiliki kendala perihal proses akademiknya dapat menyampaikan langsung kepada Kaprodinya. Selain itu sebelum menutup kegiatan Herlambang juga menyampaikan harapannya yaitu agar seluruh mahasiwa Prodi PTI dapat menyelesaikan studinya seoptimal mungkin dan tepat pada waktunya setalah adanya sosialisasi ini.[drn]

Untuk materi sosialisasi dapat diunduh melalui tautan berikut (download)