[UAS] MEKANISME UJIAN AKHIR FILKOM SEMESTER GANJIL 2022/2023

[UAS] MEKANISME UJIAN AKHIR FILKOM SEMESTER GANJIL 2022/2023

  • Lakukan prosedur nomor 1 hingga 7 SEBELUM UJIAN UNTUK MEMASTIKAN LOGIN TIDAK BERMASALAH DAN AGAR ANDA TERDAFTAR PADA COURSE (dapat dilakukan jauh-jauh hari)

1. Mahasiswa mengakses URL: https://vlm2.ub.ac.id/ login dengan username dan password SIAM. Jika ada kendala login, silakan cek panduan https://vlm2.ub.ac.id/pluginfile.php/40061/block_html/content/PANDUAN%20SINGKAT-VLM2-MAHASISWA-202004.pdf
Jika masih bermasalah silakan menghubungi crisis center UAS FILKOM (HaloFILKOM, topik Akademik > Ujian)

2. Setelah sukses login, silakan cek kesesuaian nama profile di URL https://vlm2.ub.ac.id/user/edit.php?returnto=profile
Jika melakukan pembaruan, geser ke bawah dan klik tombol Update Profile

3. Setelah memperbarui biodata, silakan mengakses course di URL https://vlm2.ub.ac.id/course/index.php?categoryid=786
Lalu silakan masuk ke Prodi sesuai ujian lalu cari nama mata kuliah yang diujikan dan klik pada course yang dimaksud.

CARA LAIN adalah dengan menggunakan fitur search courses, namun ketika memilih, pastikan category-nya sesuai dengan prodi yang dituju.

4. Setelah klik course akan muncul tempat untuk memasukkan self enrolment. Untuk bisa mengisi ini maka perlu enrolment key yang sesuai dengan Mata Kuliah dan kelasnya (lihat poin 5)

5. JADWAL UJIAN dan Informasi enrolment key dapat dilihat pada halaman

https://datastudio.google.com/reporting/05e95ba4-4431-418a-9565-78a1232cbc33

6. Pastikan enrolment key yang digunakan adalah sesuai Prodi, Mata Kuliah, dan Kelas Anda. Jika Anda salah memasukkan, maka Anda akan terdaftar di kelas yang salah sehingga nilai tidak akan bisa masuk. Jika anda terlanjur sudah enrol, anda dapat mengecek kembali kelas anda di menu navigasi sebelah kiri, di bawah nama course dalam menu “participants”. Jika memang terjadi salah kelas, anda dapat melakukan “unenrol me from” di menu administration sebelah kiri.

7. Setelah Anda berhasil enrol, sangat disarankan untuk segera mengisi survey/kuesioner pelaksanaan pembelajaran Mata Kuliah. Selain itu, di dalamnya juga terdapat contoh simulasi ujian agar mahasiswa dapat beradaptasi dengan teknis ujian.

8. Saat hari H Ujian, mahasiswa hadir di kampus sesuai dengan ruang ujian tertera di datastudio (poin 5).

9. Untuk ujian pilihan ganda, ujian dilakukan langsung pada VLM course tersebut dengan PIN UJIAN yang akan diberikan pada saat ujian berlangsung oleh pengawas. sedangkan untuk ujian essay dikerjakan secara tertulis melalui kertas yang disediakan oleh pengawas di ruang ujian.

10. Jika terdapat kendala enrol pada platform ujian, silakan open ticket melalui Halofilkom. jika terdapat problem selama ujian berlangsung juga dapat menghubungi crisis center/posko yang siaga selama pelaksanaan ujian.