Alumni Super 3 : Pentingnya Portofolio Dalam Dunia Kerja

Alumni Super 3 : Pentingnya Portofolio Dalam Dunia Kerja

Portofolio merupakan  kumpulan karya atau aktivitas yang mewakili pengembangan pribadi. Karya atau aktivitas tersebut berupa hasil pekerjaan baik dari individu, kelompok, dan juga . Portofolio adalah hal penting dalam kebutuhan untuk mengembangkan profesi karena jika semakin bagus portofolio, semakin baik pula tingkat keprofesionalan seseorang. 

Ahmad Kamil Almasyhur atau yang biasa dipanggil Kamil, merupakan lulusan S1 Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB). Beliau saat ini bekerja di Gojek sebagai Senior Android Engineer. Tidak mudah mencapai karirnya saat ini, ia memulai jalan karirnya saat masih kuliah. Pada saat kuliah ia mendapat pengalaman sembari bekerja di Adicipta Inovasi Teknologi cabang Malang yang kebetulan magang di sana dan menjadi pegawai tetap kurang lebih 3 bulan sebelum wisuda terlaksana. Setelah itu ingin mencoba mencari pengalaman diluar, terutama di daerah kota besar seperti Jakarta, dan dapatlah company yang bernama Sehati. 

Kurang lebih satu dua bulan bekerja, mencoba mendaftar di Gojek dan ikut program bootcamp yang ditujukan untuk mahasiswa fresh graduate. Setelah melalui tahap interview, satu bulan lebih mendapat informasi diterima menjadi salah satu dari bagian bootcamp training yang ada di Gojek. Dari situlah karir Kamil di Gojek dimulai, dimana setelah enam sampai delapan bulan mengikuti bootcamp training dan akhirnya menjadi Junior Android Junior di GoLife. Setelah satu tahun di GoLife pindah ke GoMart lalu kurang lebih satu tahun pindah ke GoSend, dan sekarang sudah menjadi Senior Android Engineer yang dimana berarti total kurang lebih sudah tiga setengah tahun sudah berada di Gojek. Kamil mengungkapkan tips saat interview mengenai portofolio. 

“Pada saat interview mereka akan menanyakan sudah sampai level mana produk yang dibuat, lalu menanyakan studi kasus yang dikerjakan saat mengikuti lomba, apa saja yang harus diperbaiki dari aplikasi tersebut, dan kemungkinan kedepannya akan seperti apa aplikasi tersebut. Dengan adanya portofolio akan sangat membantu untuk daftar ke perusahan,” ujar Kamil

Pada saat masih menjadi mahasiswa, Kamil pernah membuat komunitas pada saat 2015, yang dimana di komunitas itu tidak hanya main atau nongkrong saja, tapi membuat produk dan juga banyak ikut lomba, yang akhirnya banyak mendapat motivasi semenjak mengikuti komunitas tersebut. Ia juga mengungkapkan banyak waktu yang terbuang yang seharusnya bisa menambah portofolio buat belajar, dan memberi saran 

“Belajar mulai dari sekarang untuk portofolio, aplikasi yang dibuat bisa digunakan dan pakai aplikasi tersebut. Tidak harus aplikasi yang digunakan banyak orang”, saran Kamil. 

Penulis : Zainiyah Nafiatul Muna (Display)
Editor : Derian Surya