Semester Antara (SA) Fakultas Ilmu Komputer TA. 2021/2022

Semester Antara (SA) Fakultas Ilmu Komputer TA. 2021/2022

Ketentuan:

  • Sesuai dengan kalender akademik Universitas Brawijaya 2021/2022, Semester Antara (Semester Pendek) Fakultas llmu Komputer (FILKOM) TA. 2021/2022 akan dilaksanakan pada tanggal 20 Juni – 15 Juli 2022 secara LURING.
  • Mata kuliah baru (tidak mengulang) yang tidak berpraktikum dapat diprogram pada Semester Antara.
  • Mata kuliah berpraktikum bisa diulang bila nilai praktikum >=60 dengan menunjukkan nilai praktikum mata kuliah terkait di SIAM, bila nilai tidak tercantum di SIAM maka diharuskan meminta surat keterangan dari Laboratorium Pembelajaran.
  • Jika mata kuliah di kurikulum lama tidak berpraktikum, sedang mata kuliah pengganti di kurikulum baru berpraktikum, maka tidak bisa diprogram di Semester Antara.
  • Maksimal SKS yang dapat diambil sebanyak:
    • 1 mata kuliah bagi angkatan 2020 dan/atau yang mengambil KKN
    • 9 SKS bagi mahasiswa selain kategori di atas
  • Mata kuliah yang telah diprogram pada Form Pendataan tidak dapat diganti pada saat Pendaftaran, kecuali apabila mata kuliah tersebut tidak diselenggarakan (ditutup karena kurang kuota).
  • Minimal peserta kuliah pada tiap kelas sejumlah 10 (sepuluh) mahasiswa dan maksimal 30 (tiga puluh) mahasiswa.
  • Biaya sebesar Rp. 100.000,- /SKS.
  • Tidak ada pengembalian uang pembayaran yang telah dilakukan dengan alasan apapun jika perkuliahan sudah dilaksanakan.
  • Mahasiswa yang melakukan Pendaftaran tidak sesuai dengan Pendataan – selain disebabkan penutupan mata kuliah karena kurang kuota – akan diberikan sanksi denda buku untuk ruang baca sejumlah mata kuliah yang diganti dan membuat pemyataan untuk tidak mengulangi. Surat pernyataan ditandatangani oleh mahasiswa dan Ketua Pelaksana Semester Antara.
  • Mahasiswa terminal tidak dapat mengikuti program Semester Antara kecuali waktu terminal sudah habis ketika pelaksanaan Semester Antara.
  • Mahasiswa yang tidak melakukan pendataan Semester Antara, tidak dapat mengikuti pendaftaran Semester Antara.

Pendataan:

  • Mahasiswa memprogram Pendataan Mata Kuliah yang akan ditempuh pada Semeter Antara melalui FilkomApps pada tanggal 30 Mei – 5 Juni 2022.
  • Mahasiswa mencetak Form Pendataan FilkomApps, kemudian melakukan konsultasi ke dosen PA – secara daring atau luring sesuai kesepakatan – pada tanggal 30 Mei – 6 Juni 2022.
  • Daftar mata kuliah yang diselenggarakan dan jadwal kuliah Semester Antara akan diumumkan pada tanggal 8 Juni 2022.

Pendaftaran:

  • Mahasiswa melakukan Pendaftaran melalui FilkomApps pada tanggal 13 – 16 Juni 2022 sesuai dengan daftar mata kuliah yang ada pada Form Pendataan Mata Kuliah pada FilkomApps.
  • Mahasiswa mencetak Form Pembayaran dari FilkomApps.
  • Mahasiswa melakukan pembayaran pada tanggal 13 – 16 Juni 2022 di Virtual Account Mandiri pada:
    Kode Virtual Account : 8911815740000
    Atas Nama : Semester Antara FILKOM
    Bank : Mandiri
  • Pembayaran dapat dilakukan pada teller bank, ATM non tunai atau internet banking dengan menyertakan berita keterangan “SA FILKOM ….. SKS”. Pastikan jumlah sks sesuai dengan jumlah sks yang diprogram (tanpa praktikum). Adapun tata cara pembayaran dapat dilihat pada tautan berikut https://s.ub.ac.id/bct
  • Mahasiswa mengunggah Nilai Praktikum (jika berpraktikum) dan Bukti Pembayaran ke FilkomApps 13 – 16 Juni 2022.
  • Validasi pembayaran akan dilakukan oleh keuangan sedangkan pemasukkan KRS Semester Antara dilakukan oleh operator akademik 13 – 17 Juni 2022.
  • Informasi jadwal akan disampaikan pada pengumuman yang lain.
  • Informasi lebih lanjut dapat menghubungi bagian Akademik lantai 1 Gedung F FILKOM.

Jadwal Konsultasi PA

Jadwal Konsultasi Pembimbing Akademik (PA) Semester Antara dan permohonan Surat Keterangan Nilai Praktikum ke Lab. Pembelajaran:

  • Angkatan 2015 – 2018 :   30 – 31 Mei 2022
  • Angkatan 2019 – 2021 :   2 – 6 Juni 2022

Mahasiswa menyiapkan Form Pendataan dan Nilai Praktikum untuk dikonsultasikan ke dosen PA. Dosen PA akan mengecek nilai praktikum dan jumlah SKS yang diambil.

Mekanisme Pengajuan Nilai Praktikum Secara Daring

  • Mahasiswa melakukan cek nilai praktikum melalui SIAM
  • Bila di SIAM sudah ada nilai praktikum, maka nilai tersebut dapat digunakan sebagai persyaratan pendaftaran Semester Antara
  • Bila tidak ada komponen nilai praktikum pada SIAM, maka mahasiswa dapat mengajukan permintaan nilai praktikum secara daring dengan mengisi form dan mengunggah hasil scan KHS dari SIAM di https://s.ub.ac.id/ketnilaiprak
  • Laboran akan mengirimkan surat keterangan nilai praktikum ke email masing-masing mahasiswa

Crisis Center

Apabila ada kendala, mahasiswa dapat menyampaikannya melalui HaloFILKOM pada https://halofilkom.ub.ac.id/