Pendaftaran Mahasiswa Program Akselerasi (Fast Track) Universitas Brawijaya 2022/2023
PENGUMUMAN
Nomor:5982/UN10.A01/PP/2022
PENDAFTARAN
MAHASISWA PROGRAM AKSELERASI (FAST TRACK)
UNIVERSITAS BRAWIJAYA
TAHUN AKADEMIK 2022/2023
I. TUJUAN
- Memfasilitasi mahasiswa jenjang sarjana yang unggul dibidang akademik, bidang bahasa inggris dan mempunyai motivasi tinggi untuk melanjutkan di Program Magister
- Meningkatkan jumlah mahasiswa unggul di Program Magister dan
- Meningkatkan publiksi ilmiah di UB.
II. KETENTUAN UMUM
- Akreditasi program studi sarjana dan program studi magister paling rendah B;
- Mahasiswa Program Fast-Trackmendapatkan NIM Program Magister setelah kelulusannya dari Program Sarjana; dan
- Mahasiswa S1 yang diterima Program Fast-Trackpada semester VII sudah mengambil matakuliah Program Magister semester I (satu)
III. BEBAN STUDI
- Beban studi mahasiswa Program Fast-Trackpaling sedikit 144 (seratus empat puluh empat) sks untuk program sarjana dan paling sedikit 36 (tiga puluh enam) sks untuk Program Magister.
- Beban studi mahasiswa Program Fast-Trackuntuk semester 1 (satu) dan semester 2 (dua) pada program magister paling sedikit 14 (empat belas) sks.
IV. PERSYARATAN PENERIMAAN
Mahasiswa yang mendaftar Program Fast-Track adalah mahasiswa yang memenuhi persyaratan sebagai berikut:
- mahasiswa memiliki Status Mahasiswa Aktif di UB;
- sedang menempuh semester VI (enam) dan telah lulus paling sedikit 110 (seratus sepuluh) sks pada akhir semester V (lima) dengan IPK:
- lebih dari atau sama dengan 3.50; atau
- paling rendah sama dengan 3.25 dengan nilai Matakuliah paling rendah B (mengikuti status Eligible pada SIAM);
- memiliki nilai TOEFL paling rendah atau sama dengan 450 (jika ada);
- mendapatkan rekomendasi dari dosen bergelar doktor dengan jabatan akademik paling rendah lektor; dan
- mendapat persetujuan dan kesanggupan pembiayaan pendidikan dari orang tua/wali dan/atau pihak lain.
V. TATA CARA PENDAFTARAN
- Mahasiswa yang memenui persyaratan dapat diunduh dan mengisi form dari Aplikasi SIAM akun masing-masing mahasiswa. Pengisian dilakukan di menu Aplikasi kemudian memilih Pendaftaran Fast Track.
- Mahasiswa melakukan upload form yang di perlukan:
- KHS semester 1 – 5 dibuat 1 (satu) file PDF;
- TOEFL (Jika sudah memiliki);
- Surat rekomendasi dosen sesuai format yang disediakan;
- Surat dukungan pembiayaan dari orang tua sesuai format;
- Surat pernyataan mahasiswa pendaftar sebagai format;
- Menu Pendaftaran Program Fast-Track di SIAM akan aktif sesuai waktu pendaftaran.
- Pemilihan Program Studi S2 dapat sebidang atau tidak sebidang sesuai Rekomendasi dan persyaratan khusus untuk Program Studi S2 yang akan diambil.
VI. WAKTU PENDAFTARAN
- Waktu pendaftaran dimulai 6 Juni – 18 Juli 2022
VII. BIAYA STUDI PROGRAM FAST-TRACK
- Sesuai Pertor No. 8 Tahun 2020 Tentang Biaya Pendidikan dengan Ketentuan Pada semester 1 dan 2 saat mahasiswa menempuh S2 mendapatkan potongan 50% dari Tarif seharusnya. Baru semester 3 dan 4 pembiayaan Program Fast-Trackkembali ke biaya normal. (Atau kebijakan tertentu yang diambil Fakultas).
VIII. SELEKSI PENERIMAAN
- Seleksi dilaksanakan dengan mempertimbangkan seluruh calon peserta Program Fast-Trackyang tercatat di database akademik UB.
- Seleksi Program Fast-Trackdilaksanakan pada masing-masing fakultas di UB sesuai jadwal yang telah ditetapkan.
- Tim seleksi dibentuk berdasarkan Keputusan Dekan.
- Tim seleksi paling sedikit meliputi: Dekan, Wakil Dekan Bidang Akademik, Ketua Program Studi Sarjana dan Ketua Program Studi Magister yang dituju dalam Program Fast-Track.
- Penilaian atas calon peserta Program Fast-Trackberdasarkan tingkat pemenuhan persyaratan sebagaimana dimaksud dalam persyaratan Penerimaan mahasiswa.
IX. PENGUMUMAN PENERIMAAN
- Mahasiswa yang diterima pada Program Fast-Trackdiumumkan di akhir semester 6 (enam).
- Mahasiswa yang diterima pada Program Fast-Trackwajib melakukan pengisian KRS untuk Program Sarjana dan KRS untuk Program Magister dengan persetujuan dosen Penasehat Akademik.
- Pengumuman penerimaan akan disampaikan pada Website: selma.ub.ac.id
X. UNDUH FORMULIR
- Formulir surat rekomendasi dosen;
- Formulir surat dukungan pembiayaan dari orang tua;
- Formulir surat pernyataan mahasiswa pendaftar.
XI. Lain-lain:
- (Ketentuan Program Fast-Track secara lengkap terdapat pada:
XII. INFORMASI DAN PENDAFTARAN:
a.n. Rektor
Wakil Rektor I,
Prof. Dr.drh. Aulanni`am, DES.