Talkshow Kesehatan Mental Dan Semarak Konser Virtual Di Temu Alumni Universitas Brawijaya

Dalam rangka Dies Natalis ke-59 Universitas Brawijaya (UB) menggelar Talkshow Kesehatan Mental & Healing Therapy serta Malam Temu Alumni yang diselingi konser virtual. Kegiatan ini berlangsung hybrid di Auditorium Algoritma Fakultas Ilmu Komputer UB, Sabtu (8/1/2022). Talk Show Kesehatan Mental bertajuk “Healing Therapy” menghadirkan narasumber Secretary General Asian Federation of Psychiatric Associations, Dr. dr. Nova Riyanti Yusuf, SpKJ; kemudian Psikolog yang juga Dosen FISIP UB, Cleoputri Al Yusainy, S.Psi., M.Psi., Pd.D dan Psikiater dari FK UB, dr. Frilya Rachma Putri, Sp.KJ(K).

Dr. Eng. Herman Tolle, ST., MT. selaku Wakil Dekan Bidang Akademik FILKOM yang juga ketua pelaksana kegiatan temu alumni, mengatakan bahwa Talkshow ini merupakan rangkaian dari tiga kegiatan yang dilakukan maraton selama satu hari penuh.

“Acara kita ada tiga, yakni pertandingan Trofeo sepak bola UB All Stars, IKA UB dan Bank Jatim. Ada talkshow kesehatan mental, dan temu alumni di malam harinya”, ujar Herman Tolle.

Dalam waktu bersamaan, pihaknya juga meluncurkan gerakan Sahabat Mendengar. Gerakan ini untuk menyikapi maraknya kejadian depresi mahasiswa yang beberapa waktu lalu melibatkan mahasiswi UB bunuh diri. Menurut penuturan Herman, gerakan ini sesuai dengan peraturan pemerintah dan peraturan Rektor. Di UB sendiri telah ada unit layanan terpadu kekerasan seksual dan perundungan.

Nova Riyanti Yusuf yang akrab disapa Noryu juga mengapresiasi gerakan Sahabat Mendengar. Namun, ia menekankan pentingnya keberlanjutan dalam sebuah program seperti ini.

“Sebisa mungkin dilakukan monitoring dan evaluasi serta ada action research yang mengawal program ini. Agar ada program ini bisa sustain dan bisa menjadi contoh bagi universitas lain untuk juga membentuk program-program peduli kesehatan mental semacam ini,” jelas dr Nova.

Setelah silaksanakan  talkshow, acara dilanjutkan dengan konser virtual dengan dimeriahkan Malang Indie Band Legend Collaboration, Syaharani dan Affetic Band. Konser ini disiarkan secara langsung melalui Zoom dan live channel Youtube Universitas Brawijaya. Rektor UB, Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani, A.R., M.S., hadir secara langsung ditemani oleh Dekan FILKOM UB, Prof. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., MT., Ph.D. Selain itu turut hadir pula Ketua IKA UB Prof. Ahmad Erani Yustika, SE., M.SC., Ph.D.

Dalam sambutannya Prof. Nuhfil mengajak seluruh warga UB untuk membangun almamater bersama-sama. Beliau berharap UB menjadi perguruan tinggi besar dan bereputasi internasional. Targetnya usai ditetapkan menjadi PTNBH, UB akan menjadi perguruan tinggi kelas dunia.[ti/drn]