Jurusan Sistem Informasi Lakukan Studi Bading Pada UNY, Perusahaan Start-up Dan Temu Alumni Di Yogyakarta

Demi kemajuan dan mendapatkan hasil terbaik pada Agency for Quality Assurance through the Accreditation of Study Programmes (AQAS) dan meningkatkan kualitas pendidikan serta pembelajaran, Jurusan Sistem Informasi (JSI) Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) melaksanakan kunjungan dan studi banding pada Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) khususnya di Fakultas Teknik, Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi serta beberapa perusahaan start-up di Yogyakarta. Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini (16-17/11/2021) diketuai oleh Widhy Hayuhardhika NP, S.Kom., M.Kom. yang juga selaku Ketua Program Studi Teknologi Informasi (Prodi TI).

Perlu diketahui sebelumnya, Prodi PTI UNY telah mendapatkan akreditasi internasional sehingga hal tersebut yang manjadi tujuan dari JSI melaksanakan studi banding dan berdiskusi mengenai kurikulum, matakuliah, program Merdeka Belajar, asosiasi profesi, peluang riset, dan peluang kerjasama lainnya. Dalam kunjungan kali ini rombongan FILKOM UB disambut oleh Wakil Dekan 3 Fakultas Teknik UNY, Drs. Darmono, M.T. serta ditemani Ketua Jurusan dan Koordinator Prodi PTI. Tidak lupa tukar menukar cindera mata dilaksanakan dan kali ini Issa Arwani, S.Kom., M.Sc selaku Ketua Jurusan Sistem Informasi mewakili rombongan dari FILKOM UB.

Kegiatan berikutnya adalah kunjungan industri, hal ini dilakukan untuk pembahasan mengenai kesesuaian kurikulum dengan kebutuhan industri, menjajaki peluang kerjasama riset dan PKL, serta masukan-masukan perbaikan kurikulum dari industri bagi Jurusan Sistem Informasi. Perusahaan start-up yang menjadi tujuan kunjungan kali ini adalah PT. Yureka Edukasi Cipta (YEC) dan Polyrific, Yogyakarta.

Terakhir, adalah kegiatan temu alumni yang dilaksanakan bersama alumni Prodi TI, PTI dan SI yang telah bekerja di wilayah DIY, diskusi yang akan dilaksanakan dalam temu alumni ini antara lain pembahasan mengenai kesesuaian kurikulum dengan kebutuhan industri dari sudut pandang alumni, pengisian tracer study, penjajakan peluang kerjasama magang, riset dan PKL, serta masukan-masukan perbaikan kurikulum dari alumni untuk prodi.

Hasil dari kunjungan ini dimana Jurusan Sistem Informasi FILKOM UB telah mendapatkan kesepatakan MoA dengan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta dan masukan serta pengalaman dari Prodi S1 PTI UNY yang sudah mendapatkan akreditasi internasional. Pada lain sisi JSI juga memperoleh pengetahuan terkait teknologi terkini yang digunakan industri dan kebutuhan kompetensi SDM yang perlu disiapkan dalam rangka penyusunan kurikulum kedepannya.[drn]