Tibyani, S.T., M.T.: Memahami Cybersecurity di Era Digital

Tibyani, S.T., M.T. dosen di Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menjadi salah satu narasumber dalam acara IdjenTalk yang disiarkan oleh City Guide 911 FM pada Selasa (26/1/2021). Topik yang diangkat tentang Memahami Cybersecurity di Era Digital. Tibyani menjadi narasumber bersama J.A. Bayu Widjaya, S.Sos., M.Si. selaku Kepala Bidang Statistik dan Persandian Diskominfo Kota Malang dan Henry Yudha Purnama selaku owner Cloudweeb.com.

Pada kesempatan itu Tibyani menyampaikan beberapa hal meliputi pengertian cybersecurity, manfaatnya dan juga implementasinya dalam masyarakat. Disampaikan oleh Tibyani bahwa cybersecurity adalah teknologi, proses dan praktik yang dirancang untuk melindungi jaringan, komputer, program dan data dari serangan, kerusakan atau akses yang tidak sah. Cybersecurity juga bisa disebut sebagai upaya untuk melindungi informasi dari adanya cyberattack. Sementar itu cyberattack dalam operasi informasi adalah semua jenis tindakan yang sengaja dilakukan untuk mengganggu kerahasiaan (confidentiality), integritas (integrity) dan ketersedian (availability) informasi. (https://phintraco.com/pentingnya-cyber-security).

“Jadi singkatnya cybersecurity adalah sebuah sistem teknologi informasi yang berfungsi untuk melindungi sistem informasi internet dari serangan atau penggunaan yang tidak sah terhadap sistem tersebut,” jelas Tibyani.

Cybersecurity sangat penting, terutama bagi perusahaan yang memegang banyak data pengguna. Cybersecurity dapat menghindarkan perusahaan dari peretasan (hacking) yang dapat membuat produktivitas menurun karena sistem informasi rusak dan terganggu. Hal ini dapat berujung pada pengeluaran tambahan, karena perusahaan harus melakukan perbaikan jaringan.

Cybersecurity juga berfungsi memberikan jaminan perlindungan data dari oknum yang ingin mengambil keuntungan dari data tersebut. Selain itu cybersecurity penting pula untuk menjaga reputasi perusahaan di mata publik, secara khusus pengguna jasa atau pembeli produk perusahaan tersebut. Dengan jaminan keamanan tersebut, para pengguna jasa perusahaan tidak khawatir kehilangan informasi pribadinya atau terjadi penyalahgunaan informasi pribadi untuk penipuan. [dna]

Rekaman tayangan lengkap talkshow ‘Memahami Cybersecurity di Era Digital’ ini dapat diakses di https://www.youtube.com/watch?v=HjjcvEH8INg&t=911s