Geoinformatic Field Trip 2016

Pusat Kajian Geoinformatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya mengadakan acara rutin tahunan yaitu field trip. Kegiatan field trip diadakan sebagai wujud langsung praktek kerja di lapangan sebagai seorang surveyor. Kegiatan yang ditujukan untuk mahasiswa yang mengambil mata kuliah geo informasi ini diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai kegiatan survey di lapangan. Mereka tidak hanya mendapatkan materi saja di kelas, tetapi praktek langsung juga mereka dapatkan.

Kegiatan field trip geoinformatika dilaksanakan setiap tahun sekali. Pada tahun 2016, lokasi survey yang dipilih adalah Desa Poncokusumo. Desa Poncokusumo adalah satu desa atau kecamatan di Malang. Desa Poncokusumo masyur sebagai desa wisata dan terletak di kaki gunung Semeru dengan luas 686,23 ha atau tepatnya di sebelah selatan perbatasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Desa Poncokusumo merupakan desa yang kaya akan produksi hortikultura, seperti bawang, tomat, kentang, kol dan tentu saja apel serta buah-buah lainnya. Terdapat kurang lebih 7 desa yang membudidayakan apel sebagai komuditas utama perkebunan mereka.

Dengan hasil produksi hortikultura yang beragam itulah, Desa Poncokusumo terpilih untuk area survey lapangan kali ini. Mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini diajarkan mengenai penggunaan GPS untuk survey lapangan. Kemudian data hasil pembacaan GPS diproses dalam kegiatan mini workshop dengan mempraktekkan tehnik Pixel Slicing. Tujuan akhir dari kegiatan ini adalah untuk mendapatkan spatial signature dari setiap hasil pertanian di Desa Poncokusumo. (IQU)