SMKN 1 Lengkong Nganjuk Kunjungi PTIIK UB

SMKN 1 Lengkong Nganjuk Kunjungi PTIIK UB

Sekitar 70 murid kelas XII jurusan Teknik Jaringan SMK Negeri 1 Lengkong Nganjuk beserta guru pendampingnya mengunjungi Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) Universitas Brawijaya pada Rabu (7/5). Tujuan kunjungan tersebut adalah untuk mendapatkan gambaran awal tentang perkuliahan di PTIIK khususnya pada Program Studi Sistem Komputer.

Pada kunjungan tersebut peserta rombongan mendapat kesempatan untuk bertemu dan mendapat pemaparan tentang PTIIK dari Sabriansyah Rizqika Akbar, ST., M.Eng. (Sekretaris PS. Sistem Komputer) dan Aswin Suharsono, ST., MT. Sebagai pembuka, Sabriansyah menyampaikan tentang sejarah berdirinya PTIIK pada tahun 2011 lalu, perkembangan jumlah dosen dan mahasiswa PTIIK hingga saat ini, serta berbagai sarana prasarana juga fasilitas yang ada di PTIIK. Disampaikan bahwa PTIIK memiliki delapan laboratorium yang berfungsi untuk melakukan kegiatan praktikum mata kuliah tertentu ataupun riset. Selain itu, untuk mengasah kemampuan organisasi mahasiswa dan sebagai wadah untuk menyalurkan hobby, di PTIIK juga telah terbentuk organisasi kemahasiswaan dan berbagai Lembaga Semi Otonom (LSO).
“Sebetulnya kalau dibandingkan dengan umur SMKN 1 Lengkong Nganjuk yang sudah 6 tahun, PTIIK masih lebih muda usianya karena baru berdiri tahun 2011 lalu,” ungkap Sabriansyah.

Lebih lanjut kemudian Sabriansyah menjelaskan tentang karakteristik dan perbedaan dari tiga program studi yang ada di PTIIK. Hal ini disampaikan kepada para siswa yang hadir agar tidak sampai salah memilih program studi di kemudian hari. Tiga Program Studi yang ada di PTIIK tersebut adalah Informatika/Ilmu Komputer, Sistem Informasi dan Sistem Komputer.
“Karena kebanyakan belum terlalu paham informatika, sistem informasi dan sistem komputer itu seperti apa. Lalu saat sudah memilih dan diterima, mahasiswa kaget ternyata yang dipelajari tidak sama dengan yang dibayangkan sebelumnya,” jelas Sabriansyah.

Secara lebih detail Sabriansyah kemudian menjelaskan tentang berbagai mata kuliah yang akan ditempuh oleh mahasiswa pada PS. Sistem Komputer, mulai semester satu hingga semester delapan. Diantaranya dijelaskan bahwa pada semester 1 mahasiswa PS. Sistem Komputer akan mendapat mata kuliah pemrograman dasar.
“Untuk mahasiswa prodi siskom mata kuliah pemrograman dasar yang diberikan lebih difokuskan pada bahasa pemrograman C. Berbeda dengan prodi informatika yang pada mata kuliah pemrograman dasarnya akan lebih di titik beratkan pada Java,” jelas Sabriansyah.

Disampaikan pula bahwa untuk dapat lulus dari program S1 PS. Sistem Komputer PTIIK UB, mahasiswa harus menempuh total 144 sistem kredit semester (sks). Dimana setiap 1 sks sama dengan 50 menit waktu perkuliahan. Setiap mata kuliah memiliki bobot sksnya masing-masing tergantung ketentuan yang telah ditetapkan.

Setelah pemaparan tersebut, dengan dipandu perwakilan BEM TIIK rombongan SMKN 1 Lengkong Nganjuk diberikan kesempatan untuk berkeliling area PTIIK menyaksikan langsung kondisi dan suasana kehidupan kampus di PTIIK UB. [dna]