BKPK Persiapkan Mahasiswa Hadapi Dunia Kerja

BKPK Persiapkan Mahasiswa Hadapi Dunia Kerja

Unit Bimbingan Konseling dan Penempatan Kerja Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (BKPK PTIIK) Universitas Brawijaya menggelar Workshop Pengenalan Dunia Kerja untuk membekali mahasiswa PTIIK, khususnya yang berada di semester akhir (11/07). Bertempat di Lab. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) kegiatan ini dipandu oleh ketua unit BKPK Wiwin Lukitohadi, S.H., S.Psi., CHRM., beserta staf BKPK; Linda Ilfiana Mahalesi, S.Psi., Ristika Kurnia Nestiorini, S.P. dan Andito Aryo D.P, S.Psi.

Pada kesempatan tersebut puluhan mahasiswa yang hadir mendapat materi tentang bagaimana membuat curriculum vitae (CV) dan cover letter (CL) yang baik. Disampaikan bahwa lima kesalahan yang biasanya dilakukan kebanyakan orang dalam membuat CV yaitu; mengirim CV yang sama untuk semua lowongan pekerjaan sehingga tidak ada spesifikasi khusus yang ditekankan sesuai dengan posisi yang diharapkan, terdapat salah ejaan atau salah ketik, memasukkan informasi yang tidak relevan, terlalu banyak informasi yang ditulis sehingga CV terlalu panjang, menggunakan layout yang kurang baik sehingga menyulitkan pembaca dan mencantumkan informasi yang tidak sesuai dengan kenyataan (berbohong). Untuk menghindari berbagai kesalahan umum tersebut, maka peserta yang hadir diberikan contoh format CV dan CL yang baik dan benar.
“Untuk CV dan CL saran kami sebaiknya dibuat standar, di print pada kertas putih bukan yang berwarna. Juga tidak perlu kertas yang wangi atau dalam format yang tidak biasa. Karena jika menyulitkan pembaca nantinya justru akan disisihkan dan tidak akan diproses lebih lanjut,” papar Wiwin.

Sesi berikutnya peserta diberikan informasi tentang berbagai tahapan job selection yang umum diadakan oleh beberapa perusahaan. Wiwin menyampaikan terdapat dua macam rekrutmen yang biasa dilakukan oleh perusahaan swasta maupun instansi pemerintah pemerintahan, yaitu; internal recruitment dan external recruitment. Rekrutmen internal diberlakukan jika perusahaan mencari SDM dari karyawan perusahaannya sendiri. Biasanya untuk menempati posisi tertentu yang lebih tinggi di perusahaan. Sementara itu rekrutmen eksternal yang peruntukkan bagi masyarakat umum, biasanya memiliki tahapan seleksi sebagai berikut; (1) seleksi administrasi dari berkas CV dan CL yang masuk, (2) pre interview oleh bagian HRD, (3) Psikotest, (4) Final Interview untuk mengetahui kemampuan dalam bidang berkaitan dengan posisi yang ditawarkan dan (5) masa orientasi.

Pada akhir kegiatan peserta yang hadir mendapat kesempatan untuk mengikuti simulasi psikotes yang terdiri atas dua tes, yaitu; tes kemampuan dan kepribadian. Diharapkan kegiatan tersebut dapat memberikan  tambahan pengetahuan bagi para calon lulusan PTIIK yang akan masuk dalam dunia kerja. [dna]