PTIIK Siapkan Calon Pendamping PK2Maba Sebagai Role Model Maba 2014

PTIIK Siapkan Calon Pendamping PK2Maba Sebagai Role Model Maba 2014

Untuk menyambut mahasiswa baru tahun ajaran 2014/2015, Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK)  mulai mempersiapkan para mahasiswa angkatan 2011 – 2013 untuk menjadi pendamping dalam kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru 2014 (PK2Maba 2014). Bekerjasama dengan BEMTIIK, telah dilakukan screening calon pendamping untuk kemudian mengikuti program Upgrading Pendamping dan Panitia PK2Maba 2014 (28/6). Dilaksanakan mulai pukul 08.00 hingga tepat tengah hari, kegiatan tersebut dihadiri oleh sekitar 117 peserta mahasiswa PTIIK.

Kegiatan dibagi dalam dua agenda acara yaitu pemberian materi dalam ruang kelas dan pelaksanaan game interaktif kelompok yang dilaksanakan di halaman parkir depan gedung PTIIK. Wiwin Lukitohadi, S.Psi. SH, CHRM selaku ketua pelaksana kegiatan upgrading tersebut mengungkapkan bahwa materi yang disampaikan tidak jauh berbeda dari tahun lalu, antara lain Leadership, Effective Communication, Service Excellent, Character Building, Peers Counseling dan sebagai tambahan Career Couching: Introduction to Key Performance Indicator.
“Materi yang diberikan sama dengan tahun lalu, tapi kita tambahkan dengan materi pengenalan tentang konsep Key Performance Indicator atau KPI sebagai alat ukur kinerja pendamping. Input ini yang belum kita punya di tahun sebelumnya,” jelas Wiwin.

Berbagai rangkaian materi yang diberikan tersebut mengajarkan kepada para peserta yang hadir bahwa berbagai kemampuan kepemimpinan, komunikasi dan keahlian yang dimiliki setiap individu akan dapat memberikan kepuasan maksimal jika dapat memberikan manfaat bagi individu yang lain.
“Jadi di sini kita tekankan bahwa menolong adalah bentuk aktualisasi diri. Dimana seperti kita pelajari pada teori kepuasan Maslow bahwa, kepuasan tertinggi dapat terpenuhi jika kebutuhan atas aktualisasi diri dapat terpenuhi,” ungkap Wiwin.

Sementara itu pada sesi game interaktif para peserta dibagi dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok kemudian wajib mengikuti berbagai game yang telah dirancang khusus untuk tujuan pengembangan diri para peserta. Beberapa game interaktif tersebut antara lain; Brain Gym dan LOGIC Practice untuk melatih penyelarasan otak bagian kiri dan kanan. Sementara itu game All Stand Up, Pipa Bocor, Orkestra dan Yield Kelompok bertujuan untuk membangun kekompakan kelompok dan melatih setiap individu untuk dapat bekerja dalam kelompok.

Kegiatan kemudian ditutup dengan tes tulis yang diselenggarakan oleh BEMTIIK untuk mengetahui sejauhmana komitmen para peserta untuk menjadi pendamping PK2Maba 2014. Diharapkan dengan kegiatan tersebut para pendamping PK2Maba 2014 yang terpilih nantinya dapat memiliki keahlian dan kepribadian yang baik sehingga dapat menjadi role model/ panutan bagi para Maba. [dna/pic by edw]