“Hidayah” Bawa Raion Studio Juarai Islamic ICT Fair 2014

“Hidayah” aplikasi mobile buatan Raion Studio, komunitas mahasiswa pengembang aplikasi mobile di PTIIK UB berhasil meraih juara I untuk kategori Ukhuwah IT Championship (U-Champ) pada kompetisi Islamic ICT Fair 2014 (15/3). Pada event yang digelar oleh Forum Ukhuwah dan Kajian Islam (FUKI) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia tersebut Raion Studio menurunkan “tim Udin” sebagai perwakilannya. Dimana anggota tim tersebut terdiri atas lima mahasiswa PTIIK; Andriyanto (2011), Fendy Gusta Pradana (2011), I Putu Yoga Permana (2011), Hanas Subakti (2009) dan Ika Kusuma Putri (2009).

Untuk dapat meraih gelar juara, tim Udin Raion Studio terlebih dahulu harus menyisihkan sekitar 53 tim lainnya yang berhasil lolos hingga seleksi tahap beta. Setelahnya, barulah tim Udin dapat masuk ke tahap final (10 besar). Pada tahap tersebut tim Udin harus mengirimkan perwakilannya ke Jakarta untuk mengikuti sesi presentasi aplikasi dan showcase. Hadir sebagai juri pada kesempatan tersebut; Narenda Wicaksono (Developer Manager Nokia) dan Risman Adnan (Developer & Platform Director @MicrosoftID).

Hanas menjelaskan bahwa Hidayah adalah aplikasi yang dapat dijalankan pada windows phone dan perangkat mobile berplatform android. Aplikasi Hidayah dilengkapi dengan enam fitur menarik; (1) Kata-kata bijak dan nasehat Islami, (2) Informasi shalat, (3) Informasi tentang Puasa, (4) Informasi tentang Zakat, (5) Doa harian dan (6) Live tile kutipan yang berganti otomatis. Keseluruhan fitur tersebut dapat ditemui pada aplikasi Hidayah versi windows phone. Sementara untuk aplikasi Hidayah versi android hingga saat ini hanya menampilkan fitur pertama; kata-kata bijak dan nasehat Islami saja. Diungkapkan bahwa tujuan pembuatan aplikasi Hidayah tersebut selain untuk mengikuti kompetisi Islamic ICT Awards juga untuk membantu orang-orang dalam mendapatkan hidayah.
“Harapannya dengan kutipan dan informasi islami yang ada pada aplikasi Hidayah dapat memotivasi pengguna aplikasi untuk berbuat kebaikan dan kembali berjalan ke jalan Allah,” jelas Hanas yang juga merupakan salah satu pendiri Raion Studio tersebut.

Pada fitur pertama, pengguna tidak hanya dapat menikmati sendiri kata-kata bijak dan nasehat Islami yang disajikan. Dengan adanya menu share pada fitur pertama tersebut pengguna juga dapat berbagi kutipan tersebut dengan rekan-rekannya, baik melalui sosial media, email maupun sms. Fitur kedua berisi informasi shalat, mulai shalat wajib hingga shalat sunnah. Tidak hanya penjelasan tentang definisi masing-masing shalat yang disajikan, tapi juga dilengkapi dengan bacaan doa dan niat shalat serta dzikir dan doa setelah sholat. Fitur ketiga menyajikan informasi puasa baik yang wajib maupun sunnah dan dilengkapi dengan bacaan niat serta artinya.

Sementara itu fitur keempat berisi informasi tentang berbagai jenis zakat wajib dan sunnah yang dilengkapi dengan nisab zakat mal. Fitur kelima tidak kalah menarik dan penting dibanding keempat fitur terdahulu karena pada fitur kelima pengguna dapat menemukan daftar doa harian yang akhir-akhir ini sering terlupakan karena berbagai alasan kesibukan. Doa harian tersebut disajikan dalam bentuk bacaan Arab serta dilengkapi arti dalam bahasa Indonesia. Sebagai contoh pada fitur kelima tersebut pengguna dapat menemukan doa ketika akan tidur, saat bangun tidur, doa ketika masuk masjid ataupun saat keluar masjid  dan lain sebagainya.

Fitur terakhir “live tile kutipan” merupakan fitur tambahan yang memungkinkan pengguna dapat menampilkan kutipan kata-kata dan nasehat Islami yang ada pada aplikasi Hidayah di halaman depan mobile devicenya. Kutipan tersebut dapat muncul di halaman depan device dengan ukuran wide tile jika menu pin to start untuk aplikasi Hidayah diaktifkan.

Sejak launchingnya di windows phone store 11 Maret 2014 lalu, aplikasi Hidayah telah didownload oleh sekitar 3.200 pengguna. Selain itu, berdasarkan hasil data flurry analytics diketahui bahwa aplikasi Hidayah diakses oleh sekitar 800 pengguna setiap harinya. Menurut Hanas, aplikasi Hidayah akan terus dikembangkan terutama pada fitur pertama untuk penambahan kutipan atau kata-kata bijak dan nasehat Islami. [dna/pic by Raion Studio]

Informasi lebih lanjut dan download free aplikasi Hidayah pada:

  1. Windows Phone Store
  2. Google Play Store