Pendampingan Penyusunan Skripsi Jadi Program Rutin PTIIK

Pendampingan Penyusunan Skripsi Jadi Program Rutin PTIIK

Keberhasilan Program Pendampingan Skripsi bagi mahasiswa angkatan 2006 terdahulu yang berdampak positif pada jumlah kelulusan mahasiswa, menjadikan program tersebut akhirnya diagendakan sebagai kegiatan rutin di PTIIK UB. Kini program pendampingan tersebut telah mulai dijalankan lagi bagi mahasiswa angkatan 2007, 2008, dan 2009. Dari data yang diperoleh di bag. Akademik diketahui bahwa mahasiswa yang memprogramkan skripsi di semester ini, untuk angkatan 2007: 24 mahasiswa, angkatan 2008: 61 mahasiswa, sedangkan angkatan 2009: 192 mahasiswa.

Sebagai pembuka pelaksanaan program ini, para mahasiswa tersebut di atas diundang untuk menghadiri pertemuan perdana Kelas Motivasi dan Konseling Mahasiswa Skripsi yang dijadwalkan terpisah bagi setiap angkatan. Untuk angkatan 2007 pertemuan perdana digelar pada 3 Oktober 2013, angkatan 2008 pada 10 Oktober 2013, dan angkatan 2009 pada 17 Oktober 2013.

Pada pertemuan perdana tersebut mahasiswa yang hadir diarahkan untuk membuat komitmen penyelesaian skripsi yang dituangkan dalam kontrak sukses skripsi satu semester. Menurut Wiwin Lukitohadi, S.H., S.Psi., CHRM, ketua unit Bimbingan Konseling dan Penempatan Kerja (BKPK) PTIIK, surat kontrak tersebut dapat digunakan sebagai motivasi tersendiri bagi mahasiswa bersangkutan agar dapat segera menyelesaikan skripsinya dalam satu semester saja. Selain itu, mahasiswa yang hadir juga diminta untuk menuliskan perkembangan tahapan skripsi yang telah dilewatinya hingga kini. Data ini penting sebagai informasi awal untuk tim pendampingan penyusunan skripsi dan untuk penentuan target progress skrisi pada satu bulan ke depan.
“Dari informasi skripsi kalian sudah sampai dimana, lalu kemudian bisa ditentukan apa target progress skripsi kalian yang harus dicapai pada pertemuan berikutnya di bulan depan. Jadi untuk sementara pertemuan pendampingan skripsi ini akan dilakukan sebulan sekali. Tapi intensitasnya bisa ditambah saat mendekati akhir semester, sesuai dengan kondisi progress skripsi kalian,” ungkap Wiwin.

Selain Ketua unit BKPK beserta staff, pada kesempatan itu hadir pula kepala dan sekretaris PS. Informatika/ Ilmu Komputer serta perwakilan dari bag. Akademik untuk memberikan arahan terkait bidang akademik.
“Jadi bagi kalian yang mengalami permasalahsn skripsi yang kaitannya dengan akademik atau administratif bisa dikonsultasikan dengan saya atau bagian akademik. Lalu untuk masalah non akademik bisa dikonsultasikan dengan unit BKPK,” ujar Issa Arwani, S.Kom., M.Sc. (sekretaris PS. Informatika/ Ilmu Komputer).

Harapannya dengan program ini mahasiswa dapat terbantu dalam menghadapi dan menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapinya saat penyusunan skripsi. [dna]