Krima Flash PTIIK

Krima Flash PTIIK

Untuk memberikan tambahan bekal pengetahuan pada mahasiswa baru selepas PK2 Maba, maka Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) menggelar Program “Krida Mahasiswa Baru Flash PTIIK”. Program ini dilaksanakan setiap hari Sabtu selama semester ganjil TA. 2013/2014. Krima diprogram untuk memfasilitasi Maba dalam memperoleh pembinaan dan pembekalan pengetahuan antar alain mengenai bidang akademik, kemahasiswaan, unit kegiatan mahasiswa dan peluang dalam dunia kerja. Selain itu, utamanya Maba Flash diberikan pembinaan character building untuk menciptakan sebuah komunitas mahasiswa dengan sikap dan kepribadian yang baik.

Materi-materi dalam kegiatan Krida yang sudah berlangsung tiga kali (9/10) disampaikan dalam berbagai bentuk. Diantaranya dalam bentuk perkuliahan biasa, seminar, diskusi kelompok, sesi tanya jawab, pemberian tugas mandiri untuk melatih kreatifitas dan meningkatkan wawasan Maba. Variasi penyampaian materi tersebut bertujuan agar Maba tidak merasa bosan saat mengikuti kegiatan Krima yang bersifat wajib. Dalam Krima tersebut Maba dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil dengan satu pendamping didalamnya. Hal ini bertujuan agar Maba bisa belajar mengenal sesamanya dan mendapat informasi yang diperlukan baik secara formal maupun informal dari pendamping yang bertanggungjawab.

Pada Krima ketiga yang dilaksanakan 5 oktober 2013 lalu, panitia Krima mengundang pemateri dari perwakilan Tim Penanggulangan Penyalahgunaan Napza dan HIV/AIDS (TEGAZS) yang merupakan salah satu UKM di UB. Para perwakilan TEGAZs menyampaikan materi tentang berbagai hal yang berkenaan dengan HIV-aids, Narkoba, serta Norma dan Etika.  Antusiasme maba terlihat sangat tinggi saat materi berlangsung.

Tidak hanya berhenti di situ, kegiatan Krima kemudian dilanjutkan dengan Focus Group Discussion (FGD) yang dipimpin langsung oleh pendamping tiap kelas. Pada kesempatan itu Maba diberikan studi kasus yang berkaitan dengan materi yang telah diterima sebelumnya. Kegiatan Krima ketiga tersebut akhirnya ditutup dengan mengumpulkan Maba di lapangan parkir sebelah timur gedung A dan E, untuk mendapatkan pengarahan sehubungan dengan kegiatan Krima selanjutnya. [putra/sita/dna]