DONAT – Donor Darah PTIIK

DONAT – Donor Darah PTIIK

Bertepatan dengan hari Palang Merah Internasional (8/5), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) PTIIK UB Kementrian PSDM divisi pengabdian masyarakat bekerjasama dengan PMI cabang Malang mengadakan kegiatan Donor Darah PTIIK (DONAT). Menurut Candra Bella Vista, ketua pelaksana DONAT, kegiatan ini sengaja digelar untuk meningkatkan rasa kemanusiaan dan kepedulian pada sesama khususnya di kalangan PTIIK. Pihak BEM PTIIK dalam kegiatan ini berperan untuk mengkoordinir terlaksananya acara dan penyediaan tempat. Sementara pihak PMI yang menyediakan tenaga medis serta logistik untuk donor darah.

Acara yang berlokasi di Gedung Perpustakaan UB lantai 1 tersebut sengaja digelar pada pagi hingga siang hari demi untuk mendapatkan kualitas darah yang baik.
“Donor darah ini sengaja kita adakan dari jam delapan pagi sampai jam satu siang. Karena menurut pihak PMI yang kita ajak untuk bekerjasama, jika diatas jam satu siang kualitas darah seseorang itu sudah menurun,” jelas mahasiswa informatika 2011 yang akrab dipanggil Bella ini.  

Tercatat sekitar 60 orang dari kalangan mahasiswa dan umum yang mendaftar untuk menjadi pendonor dalam kegiatan ini. Akan tetapi dalam pelaksanaannya tidak semua calon pendonor yang dapat mendonorkan darahnya. Hal ini dikarenakan para calon pendonor harus terlebih dahulu melalui rangkaian tes kesehatan.
“Kami belum tahu berapa jumlah pasti pendonor. Sempat ada beberapa calon pendonor yang kita tolak, karena tidak memenuhi kualifikasi tes kesehatan. Misalnya tadi ada yang memang statusnya sebagai pendonor aktif, dia belum memenuhi jangka waktu tiga bulan dari saat dia mendonorkan darah sebelumnya, itu terpaksa kita tolak. Tapi kita juga sempat kedatangan orang Malang TV. Selain meliput mereka juga lolos tes kesehatan dan kemudian jadi pendonor juga,” ungkapnya.

Bella mengaku senang karena acara donor darah ini dapat berjalan lancar. Harapannya kedepan jika tidak ada halangan, maka akan digelar acara serupa pada bulan September untuk memperingati hari Palang Merah Indonesia (PMI). [dna]