Monevin PHK A2 PS. Informatika/ Ilmu Komputer PTIIK

Monevin PHK A2 PS. Informatika/ Ilmu Komputer PTIIK

Hartutik, Prof., Dr., Ir., M.P dan Dr. Bambang Dwi Prasetyo S.Sos., M.Si. hadir di Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) sebagai reviewer Monitoring dan Evaluasi Internal (Monevin) Program Hibah Kompetisi Universitas Brawijaya (12/9). Kegiatan yang bertempat di ruang meeting gedung B PTIIK UB tersebut diawali dengan pemaparan tentang progress pelaksanaan aktivitas PHK A2 di PS. Informatika/ Ilmu Komputer oleh Dian Eka Ratnawati, S.Si, M.Kom, selaku Ketua Pelaksana PHK A2 di PTIIK.

Ada tiga aktivitas yang dilaksanakan pada PHK A2 di PS. Informatika/ Ilmu Komputer PTIIK, yaitu (1) Peningkatan Daya Saing Lulusan, (2) Aktivitas untuk Memperpendek Masa Studi, dan (3) Aktivitas Peningkatan Kualitas Penelitian. Setiap aktivitas tersebut dibagi dalam beberapa sub aktivitas untuk dilaksanakan. Aktivitas 1 terdiri dari 3 subaktivitas yaitu pembuatan SI Alumni (tracer study), peningkatan kualitas sistem dan elemen untuk akreditasi, dan peningkatan kualitas kurikulum sesuai dengan kebutuhan  stakeholder. Aktivitas 2 terdiri dari 2 subaktivitas yaitu, peningkatan kemampuan menulis buku ajar dan peningkatan kualitas penelitian mahasiswa. Sementara aktivitas 3 terdiri dari 2 sub aktivitas yaitu peningkatan mutu penelitian dengan pembuatan roadmap dan peningkatan jumlah dan kualitas penelitian dosen melalui kerjasama dengan pihak luar.

Seluruh kegiatan tersebut pelaksanaannya dilakukan secara bertahap dalam 3 tahun. Sesuai dengan perencanaan yang telah disetujui oleh pihak universitas, pada tahun pertama ada 5 subaktivitas yang diagendakan untuk diselesaikan. Dari review yang dilakukan Hartutik ditemukan bahwa beberapa hal yang mendasari kendaal pelaksanaan PHK PS. Informatika/ Ilmu Komputer PTIIK adalah keterlambatan cairnya dana dari pusat untuk mendukung pelaksanaan kegiatan.
“Diharapkan dari awal tahun PHK ini sudah bisa berjalan. Tapi kami paham permasalahan dana dari pusat yang terlambat diturunkan. Ini memang bukan masalah di PTIIK saja tapi juga masalah nasional. Ini akanjadi catatan untuk masukan juga ke pusat,” tambah Bambang.

Selain itu beberapa masukan yang perlu diperhatikan untuk perbaikan laporan progress pelaksanaan PHK bagi PTIIK, antara lain perlunya dilakukan penajaman penulisan laporan dimana wajib menyertakan data-data kuantitatif berisi data awal yang melatarbelakangi rencana pelaksanaan tiap subaktivitas dan data setelah pelaksanaan untuk mengukur tingkat keberhasilan program. Perlu juga ditentukan indikator pengukuran keberhasilan untuk setiap aktivitas dan subaktivitas.

Dari hasil penghitungan Hartutik sebagai reviewer, pelaksanaan PHK A2 PS. Informatika/ Ilmu Komputer PTIIK hingga September 2013 memiliki capaian fisik 50.82% dan realisasi anggaran 48.36%. Diharapkan pada akhir tahun 2013 khususnya capaian fisik dapat mencapai 100% sesuai dengan perencanaan awal.

Sementara itu Monevin lanjutan untuk audit keuangan PHK baru akan dilaksanakan pada Rabu, 18 September 2013 mendatang. [dna]