PT PSN Tawarkan Kerjasama Pada PTIIK

PT PSN Tawarkan Kerjasama Pada PTIIK

Rabu, 21 Agustus 2013 Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) UB menerima kunjungan dari perwakilan PT Pasifik Satelit Nusantara  (PSN). Agustin B. Prabowo, HCD Manager, Finance and Corporate Affairs Directorate PT PSN yang hadir pada kesempatan itu mengatakan keprihatinannya tentang betapa susahnya mencari tenaga IT yang dapat memenuhi standar perusahaannya pada kurun waktu beberapa tahun terakhir ini. Karena hal itulah dirinya bersama tim HRD PT PSN, kini sedang berupaya untuk melakukan penjajakan kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi dalam negeri dengan reputasi baik untuk dapat merekrut para lulusan yang berkualitas.
“Jujur saya sebagai HRD saat ini sangat kesulitan untuk dapat merekrut pegawai yang sesuai dengan standar perusahaan kami. Kami di HRD juga sempat bingung kenapa lulusan perguruan tinggi saat ini seperti ini,” ujarnya.

Menurut Agustin ada beberapa tahap seleksi bagi calon karyawan yang akan bergabung dengan PT PSN, antara lain tes tulis, tes kemampuan teknis, dan tes interview. Selama ini para peserta seleksi banyak yang dapat melewati tahapan tes tulis dan tes kemampuan teknis dengan baik. Akan tetapi ketika masuk pada tahap interview, banyak yang mulai berguguran. Kebanyakan para peserta yang gagal di tes interview dikarenakan penilaian atas attitude mereka yang kurang.
“Kebanyakan yang kurang di attitude mereka. Mental para lulusan saat ini masih kurang kuat. Kebanyakan tidak mau susah, semangat berjuangnya kurang dan ingin kesuksesan yang instan,” papar Agustin yang telah menjalani karirnya di PT PSN sejak 13 tahun lalu.

Ir. Sutrisno, Ketua PTIIK UB menanggapi tawaran kerjasama ini dengan baik. Dalam kesempatan itu dibahas beberapa macam teknis kerjasama yang mungkin untuk dilaksanakan, antara lain magang, rekrutmen kampus dan penyelenggaraan kuliah tamu dengan narasumber praktisi dari PT PSN.

Rencananya sebagai awal pembuka hubungan kerjasama ini akan diadakan kuliah tamu dengan mendatangkan pemateri dari PT PSN, untuk membuka pengetahuan mahasiswa tentang PT PSN sendiri dan teknologi-teknologi yang dimilikinya.

Harapannya dengan kerjasama ini dapat memberikan manfaat untuk kedua belah pihak. Dimana PT PSN dapat memperoleh SDM berkualitas untuk mendukung perkembangan perusahaannya, dan PTIIK dapat lebih fokus memikirkan berbagai langkah strategis untuk dapat mencetak lulusan yang berkualitas dan siap berkarya dalam dunia kerja. [dna]