Open Talk Sistem Komputer PTIIK UB TA. 2013/2014

Open Talk Sistem Komputer PTIIK UB TA. 2013/2014

Program Studi Sistem Komputer PTIIK UB menggelar Open Talk dengan mengundang perwakilan mahasiswa P.S. Sistem Komputer dari seluruh angkatan di Ruang A2.25 (12/8). Adharul Muttaqin, ST., MT., Kepala Prodi Sistem Komputer PTIIK UB yang turut hadir dalam acara tersebut mengatakan bahwa open talk ini merupakan agenda rutin yang sengaja digelar untuk memfasilitasi mahasiswa dalam memperoleh informasi yang benar dan akurat baik tentang hal yang berkaitan dengan akademik maupun non akademik.
“Setiap awal semester mulai semester kemarin kita berusaha melakukannya. Tujuannya supaya mahasiswa mengetahui informasi yang benar-benar dari kita. Daripada mereka tanya ke sumber lain dan belum tentu mendapat jawaban yang benar jadi kita buat acara ini,” jelas Adharul.

Acara dibuka dengan sambutan Kepala Prodi Sistem Komputer  yang kemudian dilanjutkan dengan pemaparan tentang informasi persiapan perkuliahan semester ganjil 2013/2014 dan  informasi tentang Skripsi P.S. Sistem Komputer. Informasi persiapan perkuliahan semester ganjil itu penting disampaikan, agar mahasiswa dapat melakukan pemrograman KRS dengan benar.
“Untuk mahasiswa angkatan 2012 semester ganjil ini mereka baru mulai melakukan KRS secara mandiri ya, karena sebelumnya telah dipaketkan oleh PTIIK. Jadi disini kita memberi tips-tips untuk memilih mata kuliah yang akan diambil,” ujarnya.

Menurut Sabriansyah Rizqika Akbar, ST., M.Eng., Sekretaris Prodi Sistem Komputer, ada berbagai faktor yang dapat dijadikan pertimbangan untuk menentukan pengambilan MK Pilihan. Pertama, dapat didasarkan pada kebutuhan pengetahuan untuk menyelesaikan skripsi. Bagi mahasiswa yang sudah memiliki rencana penelitian untuk skripsinya dapat menentukan pengambilan MK Pilihan sesuai dengan ilmu pendukung yang dibutuhkan untuk penelitiannya tersebut.

Kedua, penentuan MK Pilihan dapat berdasarkan keminatan dari masing-masing mahasiswa. Pada P.S. Sistem Komputer mata kuliah pilihan dibagi dalam 3 keminatan yaitu; robotika, sistem embedded dan jaringan. Bagi mahasiswa yang memiliki keminatan di bidang robotika dapat mengambil MK Pilihan Kecerdasan Buatan dan MITI. Bagi mahasiswa yang memiliki keminatan di bidang sistem embedded MK Pilihan yang disarankan adalah Sistem Kendali Otomastis, Sensor dan Tranduser, dan Pengenalan Pola. Sementara bagi mahasiswa dengan keminatan pada jaringan, MK Pilihan yang disarankan adalah keamanan jaringan, administrasi server, pemrograman jaringan, jaringan nirkabel, perancangan dan analisa jaringan. Meski demikian dijelaskan pula bahwa tidak ada batasan bagi mahasiswa yang ingin mengambil MK. Pilihan dari berbagai keminatan.

Ketiga, penentuan MK. Pilihan dapat didasarkan pada profil lulusan yang ingin dicapai tiap mahasiswa. Dalam buku pedoman pendidikan PTIIK ada berbagai macam profil lulusan yang disampaikan, antara lain IT Support, Software Engineer/Developer,  Intelligence System Developer, Game Designer and Developer dan Computer Network Engineer. Misalkan bagi mahasiswa yang ingin memiliki profil lulusan sebagai IT support maka mata kuliah pilihan yang disarankan untuk diambil antara lain data mining, sistem pendukung keputusan dan sistem pakar. Informasi mengenai profil lulusan ini dapat dilihat pada buku pedoman pendidikan PTIIK yang telah dibagikan pada saat mahasiswa masuk di PTIIK.
“Penetuan mata kuliah pilihan bisa dilihat dari kebutuhan untuk menyelesaikan skripsi. Kemudian sebetulnya di buku pedoman juga sudah ada tentang profil lulusan. Dari situ mata kuliah apa yang sebaiknya diambil sudah disarankan,” jelas Sabriansyah.

Selain membahas masalah akademik, dalam sesi tanya jawab mahasiswa yang hadir juga tidak jarang bertanya mengenai berbagi  hal non akademik, antara lain mengenai pembentukan komunitas dan himpunan mahasiswa sistem komputer, serta pendaftaran asisten laboratorium. [dna]