Dosen PTIIK Terima 3 Penghargaan di ICACSIS 2013

Dosen PTIIK Terima 3 Penghargaan di ICACSIS 2013

Herman Tolle at ICACSIS 2013Dr. Eng Herman Tolle, ST., MT., salah seorang dosen pengajar di Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) Universitas Brawijaya menerima tiga penghargaan sekaligus di ajang International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems 2013 (ICACSIS 2013) (28-29/9). Papernya yang berjudul “Manga Content Extraction Method for Automatic Mobile Comic Content Creation” mengantarkan Herman Tolle meraih predikat Best Presenter, Best Paper dan Best Session Presenter untuk Special Session: Pattern Recognition, Image Processing & Content-Based Image Retrieval.

Pada Konferensi Internasional yang digelar di Sanur Paradise Plaza Hotel Bali itu ada 77 paper yang dipresentasikan dalam 5 sesi paralel. Ke 77 paper tersebut adalah paper yang berhasil lolos tahap seleksi serta review ketat dari Committee ICACSIS 2013.

Herman mengatakan bahwa papernya tersebut memuat salah satu hasil penelitiannya saat melakukan studi S3 di Saga University Jepang beberapa tahun lalu. Penelitian ini bertujuan untuk secara otomatis mengekstraksi satu halaman komik yang biasanya terdiri dari beberapa frame gambar, menjadi potongan-potongan frame gambar terpisah dengan menggunakan metode blob extraction. Hasil ekstraksi tersebut kemudian ditampilkan secara adaptif pada perangkat mobile dengan menggunakan file ComicXML yang dikembangkan dalam penelitiannya terdahulu.
“Motivasi untuk melakukan penelitian ini muncul karena melihat di Jepang minat masyarakat untuk membaca komik sangat tinggi dan ada kebutuhan untuk membaca komik melalui perangkat mobile. Tetapi terhalang karena ada keterbatasan pada ukuran layar dari perangkat mobile atau HP yang digunakan,” jelasnya.

Selain itu, hasil penelitian Herman ini juga memiliki keunggulan dapat secara otomatis mendeteksi balloon teks dan mengekstraksi teks (bahasa Jepang) yang ada di dalam balloon tersebut untuk tujuan penterjemahan ke dalam bahasa lain. Hal ini dilakukan karena mengingat komik Jepang juga banyak dibaca dan disukai masyarakat di negara lain. Akan tetapi penelitian Herman masih belum masuk tahap kemampuan menterjemahkan secara otomatis dan masih terbatas pada proses mampu mengekstraksi teks saja. Karenanya, disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk dapat menambahkan modul Optical Character Recognition (OCR) agar sistem yang dibangun dapat memudahkan untuk penerjemahan secara otomatis.

Herman merasa senang dapat berpartisipasi dalam konferensi skala internasional tersebut, terlebih lagi dengan membawa pulang tiga penghargaan sekaligus. Hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi dirinya dan nama instansi PTIIK UB yang dibawanya. Dalam ICACSIS 2013 tersebut banyak juga manfaat lain yang diperolehnya antara lain dapat menambah teman peneliti dari Indonesia maupun luar negeri.
“Harapannya kedepan PTIIK UB bisa menggelar konferensi internasional serupa ICACSIS di masa mendatang,” ungkap Herman.

Untuk diketahui, ICACSIS 2013 ini merupakan sebuah kegiatan konferensi internasional tahunan di bidang ilmu komputer dan sistem informasi yang digelar oleh UI. Para narasumber yang dihadirkan pada kesempatan itu adalah Anil K. Jain (Department of Computer Science & Engineering, Michigan State University), Subhas Mukhopadhyay (School of Engineering and Advanced Technology, Massey University), Xue Li (School of Information Technology & Electrical Engineering, University of Queensland), Marcel Kyas (Institut Für Informatik Fachbereich Mathematik Und Informatik, Freie Universität Berlin) dan Masahiro Nakajima (Dept. Of Micro-Nano Systems Engineering, Nagoya University). [dna]