Workshop Windows 8 Application Development Bersama Microsoft Indonesia

Workshop Windows 8 Application Development Bersama Microsoft Indonesia

Tak dipungkiri Windows sebagai operating system dengan banyak pengguna, telah melakukan inovasi dengan munculnya Windows 8. Produk besutan Microsoft ini memang memiliki banyak kelebihan dibanding pendahulunya. Windows 8 menawarkan tampilan baru dan memiliki fitur-fitur yang sangat berbeda dengan versi Windows sebelumnya. Salah satunya adalah fitur Windows Store yang menawarkan banyak aplikasi untuk dapat diinstall para pengguna. Fitur inilah yang kemudian memotivasi para programmer untuk membuat aplikasi yang bermanfaat dan juga memiliki nilai jual.

Untuk menambah motivasi para kaum muda dalam berkarya, Microsoft juga telah mengagendakan suatu event tahunan bertajuk “Imagine Cup”. Event yang merupakan ajang kompetisi bagi generasi muda berbakat di Bidang TI ini tergolong baru dan diadakan pertama kali pada April 2013 lalu.

Agar semakin banyak kaum muda Indonesia yang mengetahui tentang Imagine Cup dan turut serta dalam event tersebut, maka Microsoft Indonesia bekerjasama dengan ProgramTeknologi Infomasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) UB mengadakan Workshop Windows 8 Application Development free bagi 60 orang pendaftar pertama (30/11-1/12).  Diharapkan dengan kegiatan ini para peserta dapat menambah pengetahuannya mengenai Windows 8 dan juga mendapatkan gambaran mengenai kompetisi Imagine Cup yang cukup bergengsi tersebut.

Bertempat di Lab. Komputer Dasar PTIIK UB, pada hari pertama para peserta mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Seminar Sosialisasi Imagine Cup yang kemudian dilanjutkan dengan workshop pembuatan program di Windows 8. Kegiatan workshop tersebut kemudian masih berlanjut hingga hari kedua.

Para peserta yang sebelumnya telah diwajibkan untuk membawa laptop dengan spesifikasi terinstall Windows 8.1, Visual Studio 2012 dan Construct 2 mengikuti kegiatan dengan sangat antusias. Pada kesempatan itu Yugie Nugraha, selaku perwakilan Microsoft Indonesia hadir sebagai pemateri tunggal. Yugie berbagi pengetahuannya tentang cara memodifikasi aplikasi template yang telah disediakan oleh Visual Studio 2012, menyampaikan materi tentang pemahaman struktur dari project, kostumisasi menu icon, penggunaan class HttpClient, GridView, ListView  dan mengkonstumisasi user interface.

Selain itu Yugie juga menjelaskan tentang alur submit aplikasi pada Windows Store, proses sertifikasi aplikasi pada Windows Store serta memberikan banyak saran untuk membuat aplikasi Windows Store. Setelah penjelasan tersebut, Yugie juga memberikan demo aplikasi yang telah dibuat oleh anak bangsa. Begitu serunya acara tersebut, hingga membuat para peserta meluapkan emosinya pada saat salah satu demo aplikasi game diputar.

Tidak berhenti disitu, Yugie kemudian melanjutkan penjelasannya tentang cara membuat dan mempersiapkan game untuk Windows 8.1 menggunakan Construct 2 yang langsung dipraktekkan oleh para peserta workshop. Para peserta memanfaatkan dengan baik kesempatan untuk langsung bertanya dan mempraktekkan berbagai materi yang diberikan.

Pada sesi terakhir, Yugie sempat berpesan pada peserta workshop agar terus meningkatkan prestasinya.
Kita tidak mengharapkan apapun dari kalian, tapi yang kita inginkan adalah berupa prestasi dari kalian,” pungkasnya. [Cika/Fina/dna/pic: panitia Workshop Windows 8]