Antusiasme Siswa SMAN 3 Madiun Ingin Mengenal PTIIK

Antusiasme Siswa SMAN 3 Madiun Ingin Mengenal PTIIK

Siswa-siswi SMA Negeri 3 Madiun dengan antusias yang tinggi melakukan kegiatan kunjungan ke Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) Universitas Brawijaya Malang, Rabu, 23 Januari 2013.

Muhadi Prayitno, M.Pd selaku guru pendamping dari SMAN 3 Madiun mengatakan bahwa awalnya kegiatan kunjungan ini dirancang untuk memfasilitasi siswa-siswi anggota ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR). Akan tetapi saat disosialisasikan, ternyata banyak siswa yang bukan anggota KIR juga berminat untuk ikut dalam kunjungan ke PTIIK.
“Jadi sebetulnya kunjungan ini adalah kegiatan yang diprogram untuk KIR dari SMA kita. Tapi ternyata kemudian siswa lain yang bukan anggota KIR juga banyak yang tertarik waktu ditawarkan. Apalagi melihat tujuan kunjungannya ke UB. Akhirnya dari rencana semula yang hanya akan membawa sekitar 56 anak KIR, pesertanya jadi bertambah sampai saat ini yang hadir total 198 siswa dari kelas X dan XI,” ujar Muhadi yang juga menjabat sebagai Wakil Kepala SMAN 3 Madiun.

Menurut Muhadi, PTIIK UB dipilih karena mengingat selama 2 tahun terakhir ini minat siswa SMAN 3 Madiun untuk masuk ke UB cukup tinggi.
“Terus terang saja sekitar 2 tahun terakhir ini, UB paling diminati oleh siswa lulusan SMAN 3 Madiun. Sekitar 30% lulusan kita masuk ke UB. Ranking keduanya yang diminati ada UNAIR, UGM atau ke Unessa,” jelas Muhadi lagi.

Sementara itu Siti Fatimah MPd., Pembina KIR SMAN 3 Madiun yang ikut mendampingi siswanya, menyampaikan bahwa dirinya sangat senang dapat diterima dengan baik di PTIIK. Menurutnya dengan kunjungan ini para siswanya bisa lebih paham mengenai apa saaj yang perlu dipersiapkan untuk memasuki perguruan tinggi.
“Materi yang diberikan PTIIK bagus. Tepat untuk siswa kelas X karena mereka masih punya waktu untuk mempersiapkan diri. Sehingga mereka memiliki waktu lebih awal seumpama kalau saya mau masuk ke PTIIK harus siapkan matematikanya atau mata pelajaran lainnya yang dibutuhkan di perguruan tinggi. Sehingga persiapannya untuk menuju ke perguruan tinggi bisa lebih matang,” ujar Siti.

“Jadi ada kesan SMA itu kan masanya anak senang-senang dengan begini kan mereka bisa tidak terlalu terlena dengan kesenangan, tapi juga fokus dalam mempersiapkan kemampuan dirinya untuk bisa masuk ke perguruan tinggi,” imbuh Muhadi.

Dalam kunjungan ini para siswa mendapatkan informasi mengenai lebih jelas apakah PTIIK UB itu, lalu kemampuan apa saja yang akan sangat berguna jika memilih masuk ke PTIIK, serta apa saja jenis kemampuan yang bisa dimiliki oleh para lulusan dari PTIIK UB. Para siswa dibagi dalam 4 kelas, dengan pemateri Issa Arwani, S.Kom., M.Sc (Sekretaris Prodi Ilmu Komputer / Informatika), Drs. Marji, MT (Kepala Prodi Ilmu Komputer / Informatika), Sabriansyah R.A, ST., M.Eng (Sekretaris Prodi Sistem Komputer), Wijaya Kurniawan, ST., MT. (dosen anggota Lab. Robotika) dan Aditya Rachmadi, S.ST., M.TI (dosen anggota Lab. Sistem Informasi). Setelah mendapat materi diatas, para siswa SMAN 3 Madiun juga mendapatkan kesempatan melihat laboratorium robotika dan laboratorium game PTIIK. (dna)