FILKOM Terima Kunjungan SMA Negeri 1 Garum Blitar dan MAN 1 Tangerang

FILKOM Terima Kunjungan SMA Negeri 1 Garum Blitar dan MAN 1 Tangerang

Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menerima kunjungan SMA Negeri 1 Garum Blitar (4/2/2019) dan MAN 1 Tangerang (7/2/2019). Kunjungan tersebut dilakukan dengan tujuan untuk memberikan tambahan bagi para siswa tentang perguruan tinggi, khususnya FILKOM UB. Jumlah siswa serta guru peserta kunjungan SMA Negeri 1 Garum Blitar sejumlah 250 orang, sedangkan dari MAN 1 Tangerang sejumlah 200 orang.

Peserta kunjungan SMA Negeri 1 Garum Blitar disambut baik oleh Dahnial Syauqy, S.T., M.T., M.Sc. selaku Ketua Program Studi (Kaprodi) Teknik Komputer dan Rizal Maulana , S.T., M.T., M.Sc. salah satu dosen FILKOM. Sementara itu peserta kunjungan dari MAN 1 Tangerang diterima oleh Mahardeka Tri Ananta, S.Kom., M.T., M.Sc. salah satu dosen FILKOM. Dalam kesempata tersebut perwakilan dosen FILKOM yang hadir memberikan penjelasan tentang FILKOM mulai dari sejarah berdirinya, jurusan serta prodi yang ditawarkan, kurikulum, sarana prasarana, organisasi mahasiswa hingga berbagai jalur seleksi masuk.

Dalam pemaparannya disampaikan bahwa FILKOM memiliki dua jurusan yaitu Jurusan Teknik Informatika dan Jurusan Sistem Informasi. Dimana masing-masing jurusan terdiri atas tiga program studi (prodi). Adapun prodi yang berada di bawah Jurusan Teknik Informatika meliputi (1) Prodi Teknik Informatika, (2) Prodi Teknik Komputer dan (3) Prodi Magister Ilmu Komputer (S2). Sementara itu prodi yang berada di bawah naungan Jurusan Sistem Informasi meliputi (1) Prodi Sistem Informasi, (2) Prodi Teknologi Informasi dan (3) Prodi Pendidikan Tekologi Informasi. Mahasiswa FILKOM juga memiliki kesempatan untuk mengembangkan diri di bidang non akademik dengan ikut aktif dalam organisasi kemahasiswaan. Ada berbagai macam organisasi kemahasiswaan yang ada di FILKOM meliputi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Lembaga Pers Mahasisw (DISPLAY), Lembaga Semi Otonom (LSO) pengembang aplikasi mobile (RAION), Organisasi Photography Teknologi Informasi dan ilmu Komputer (OPTIIK) dan lain sebagainya.

Selain itu dijelaskan pula bagi siswa yang berminat untuk melanjutkan studinya di FILKOM, terdapat berbagai jalur seleksi masuk yang dapat dipilih. Terdiri atas jalur nasional (SNMPTN dan SBMPTN), jalur mandiri (SMUB dan SPKPD) serta jalur Seleksi Alih Program (SAP). Informasi mengenai ketentuan masing-masing jalur masuk dapat diakses di selma.ub.ac.id. Kegiatan kunjungan kemudian ditutup dengan sesi tanya jawab.