Cabang Newscasting, Catur dan Bulutangkis Sumbangkan 2 Emas dan 3 Perunggu untuk FILKOM

Cabang Newscasting, Catur dan Bulutangkis Sumbangkan 2 Emas dan 3 Perunggu untuk FILKOM

Terus memberikan upaya terbaiknya, kontingen Fakultas Ilmu Komputer/FILKOM (d/h PTIIK) kembali menambah jumlah perolehan medali dengan 2 emas dan 3 perunggu. Jumlah tersebut terdiri atas 1 emas dari cabang newscasting, 1 perunggu dari cabang catur serta 1 emas dan 2 perunggu dari cabang bulutangkis.

Dari cabang newscasting 1 medali emas disumbangkan oleh Eky Yusandhi Iskar (SI/2014). Pada cabang newscasting yang diselenggarakan di UB TV tersebut terdiri atas dua babak yaitu babak penyisihan dan babak final. Disampaikan oleh Eky bahwa pada babak penyisihan tiap peserta diberikan dua tugas oleh panita, yaitu (1) membaca naskah berita yang telah disediakan panitia, (2) menyampaikan ramalan cuaca dengan improvisasi dan kreasi masing-masing peserta. Pada babak final para finalis yang lolos harus mengikuti seleksi yang dikemas dalam bentuk talk show dan live report. Saat talk show peserta harus menyiapkan pertanyaan yang sesuai dengan tema untuk narasumber. Kemudian hasil talkshow harus disampaikan oleh tiap peserta kepada juri dalam bentuk laporan langsung (live report). Adapun pemilihan pemenang cabang newscasting dinilai dari kepercayaan diri, intonasi, kontak mata, kewajaran sikap, bobot pertanyaan yang diajukan, penguasaan host dalam talkshow dan respon host terhadap jawaban narasumber. Eky mengaku tidak melakukan persiapan khusus untuk berkompetisi dalam OB 2015.
“Hanya sering menonton newscast dan talkshow, terus percaya diri,” ujar Eky.

Sementara itu pada cabang catur FILKOM menurunkan dua kontingen, M. Riyyan Royhan (SKOM/2014) di pertandingan perorangan catur kilat dan Irwin Deriyan Ferdiansyah (IF/2014). Irwin Deriyan belum berkesempatan untuk membawa pulang medali, sementara M. Riyyan Royhan berhasil menduduki posisi ke 3 dan membawa pulang medali perunggu. Kompetisi catur dengan sistem Swiss tersebut diselenggarakan di UB Sport Center pada Sabtu (26/9). Dalam pertandingan catur sistem Swiss peserta harus bermain dalam lima babak dan pemenang kemudian ditentukan dengan perhitungan poin pada akhir pertandingan.

Cabang Bulutangkis OB 2015 diselenggarakan dengan sistem gugur di UB Sport Center pada 19 – 23 September 2015. Pada cabang bulutangkis tersebut 1 emas disumbangkan oleh pasangan ganda putra Doni Arya Kusuma (SKOM/2014) – Achmad Marzuki (SI/2014). Sementara 2 perunggu diperoleh dari nomor ganda putri dan ganda campuran. Perwakilan FILKOM pada pertandingan ganda putri adalah pasangan Yani Iriani Putri (SI/2014) – Binti Lukluil M (IF/2014) dan pada ganda putra diturunkan pasangan Doni Arya Kusuma (SKOM/2014) – Yani Iriani Putri (SI/2014). [dna]

Berikut kontingen FILKOM yang telah berjuang di cabang Newscasting, Catur dan Bulutangkis OB 2015:

No

Nama

Prodi

Angkatan

Cabang Lomba

1

Eky Yusandhi Iskar

Sistem Informasi

2014

Newscasting

2

Yusrini Meidita

Sistem Informasi

2014

Newscasting

3

M. Riyyan Royhan

Sistem Komputer

2014

Catur

4

Deriyan Ferdiansyah

Informatika

2014

Catur

5

Doni Arya Kusuma

Sistem Komputer

2014

Bulutangkis

6

Achmad Marzuki

Sistem Informasi

2014

Bulutangkis

7

Yani Iriani Putri

Sistem Informasi

2014

Bulutangkis

8

Binti Lukluil M

Informatika

2014

Bulutangkis

9

Savira Sulistyo

Informatika

2014

Bulutangkis

10

Givan Kusuma L

Sistem Komputer

2014

Bulutangkis

11

Istiqlal Farozi

Sistem Komputer

2014

Bulutangkis

12

Muzammilatul Jami’ilah

Sistem Komputer

2014

Bulutangkis

*Update Olimpiade Brawijaya Kontingen FILKOM dapat diakses di official twitter @kontingenFILKOM dan IG ob.kontingenfilkom