FILKOM Gelar Buka Puasa dan Tarawih Bersama Anak Yatim Piatu

FILKOM Gelar Buka Puasa dan Tarawih Bersama Anak Yatim Piatu

Fakultas Ilmu Komputer/FILKOM (d/h PTIIK) menggelar kegiatan buka puasa dan tarawih bersama 100 anak yatim piatu di lantai 1 gedung baru FILKOM pada Rabu (1/7). Anak yatim piatu yang diundang pada kesempatan tersebut berasal dari Panti Asuhan Putri Aisyiyah dan Panti Asuhan Mawaddah Wa Rohmah. Selain itu, acara tersebut juga dihadiri oleh keluarga besar FILKOM baik dosen, staf beserta keluarga serta perwakilan mahasiswa. Acara dibuka dengan doa bersama yang dipimpin oleh Ustadz Mukhammad Yasak, Lc. Kemudian dilanjutkan dengan buka puasa dan shalat maghrib serta shalat isya bersama.

Sebelum melaksanakan shalat tarawih bersama, Ustadz Mukhammad Yasak berkesempatan memberikan tausiyah singkat mengenai upaya yang dapat dilakukan umat muslim untuk melakukan perubahan peradaban dunia ke arah yang lebih baik. Disampaikan oleh Ustadz M. Yasak bahwa dari firman Allah QS Al-Alaq tonggak perubahan pertama adalah Iqro atau membaca. Dimana hal ini menunjukkan bahwa kebiasaan membaca adalah kunci suatu perubahan. Dengan banyak membaca serta melakukan penelitian maka akan dapat memperbaiki diri seseorang.
“Memang membaca kelihatannya hal yang sepele, namun orang yang gemar membaca buku akan memiliki nilai lebih dibandingkan yang lainnya,” ujarnya.

Sedangkan tonggak perubahan yang kedua adalah bismirobbik, yang artinya setiap membaca harus didasari dengan unsur keimanan. Karena ilmu yang tidak dirihoi oleh Allah SWT akan dapat menghujat yang memiliki ilmu itu sendiri.
“Setiap mencari ilmu, mintalah kepada Allah agar ilmu yang dipelajari dapat bermanfaat dan membawa diri lebih dekat pada Allah,” jelas Ustadz M. Yasak.

Seusai tausiyah acara kemudian ditutup dengan shalat tarawih bersama. Pada kesempatan tersebut FILKOM yang diwakili oleh Ir. Sutrisno, MT. beserta jajaran pimpinan yang lain juga memberikan santunan kepada kedua panti asuhan yang diundang serta seluruh anak yatim piatu yang hadir. [pdd]