FILKOM UB Kunjungi 78 SMA Sederajat di Indonesia

FILKOM UB Kunjungi 78 SMA Sederajat di Indonesia

Dalam rangka menigkatkan daya minat siswa SMA/SMK/MAN dalam ranah bidang IT dan pengenalan Fakultas Ilmu Komputer/FILKOM Universitas Brawijaya (d/h PTIIK UB) kepada para siswa SMA, FILKOM bekerja sama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer UB (BEM TIIK UB) melaksanakan Program “PTIIK Goes to School”. Program tersebut dilaksanakan dalam bentuk sosialisasi mengenai FILKOM UB kepada siswa di 78 SMA sederajat di Indonesia mulai 24 Januari hingga 14 Februari 2015. Memanfaatkan masa liburan semester ganjil TA. 2014/2015 lalu,71 volunteer dari  mahasiswa FILKOM yang terpilih melakukan sosialisasi pada beberapa SMA sederajat di daerah  asalnya.

Wakil I bidang Akademik FILKOM, Ir. Heru Nurwasito, M.Kom. mengungkapkan bahwa Program “PTIIK Goes to School” tersebut diselenggarakan untuk mempromosikan UB, khususnya FILKOM pada siswa SMA sederajat di seluruh Indonesia dengan bantuan dari mahasiswa yang sedang berlibur di daerah asalnya masing-masing.
“Harapannya program serupa dapat diselenggarakan di tingkat universitas dengan melibatkan mahasiswa UB yang berasal dari daerah-daerah di seluruh Indonesia,” ungkap Heru.

Tidak hanya memberikan gambaran umum tentang FILKOM yang baru berdiri selama 3 tahun, mahasiswa FILKOM juga menyampaikan peran penting dunia IT kepada siswa di SMA yang dikunjunginya. Antara lain mengenai perkembangan IT yang sangat pesat dan pemanfaatan bidang IT pada hampir seluruh bidang kehidupan manusia.

Ketua Pelaksana “PTIIK Goes to School, Misbakhul Akbar mengungkapkan bahwa sasaran program mencakup wilayah Jawa, Sumatra, Kalimantan, Bali, hingga Lombok.
“Alhamdulillah meskipun FILKOM baru pertama kalinya menyelenggarakan program seperti ini, cakupan pelaksanaan programnya tidak hanya pulau Jawa saja, tetapi juga sampai ke pulau Sumatra, Kalimantan, Madura, Bali, dan Lombok. Diharapkan tahun depan akan lebih jauh lagi jangkauannya,” tutur Akbar.

Untuk diketahui, meskipun masih tergolong baru, FILKOM telah menjadi fakultas dengan peminat terbanyak pada SNMPTN dua tahun belakangan ini. Merespon kepercayaan masyarakat tersebut, FILKOM bertekad untuk terus berbenah memberikan layanan pendidikan yang terbaik sehingga dapat menghasilkan SDM berdaya saing tinggi dalam dunia IT di Indonesia. [Akbar/dna]