BCC FILKOM UB Persiapkan SISWA SMA Hadapi OSK 2015

BCC FILKOM UB Persiapkan SISWA SMA Hadapi OSK 2015

Basic Computing Community (BCC) adalah komunitas yang berada dibawah naungan Laboratorium Komputer Dasar Fakultas Ilmu Komputer/FILKOM (d/h PTIIK) Universitas Brawijaya. Komunitas yang diketuai oleh Andriansyah Yusuf Rizal (Informatika/2013), dibentuk untuk mengembangkan kegiatan-kegiatan yang mendayagunakan Lab. Komdas secara khusus di bidang programming. Pada musim liburan semester ganjil TA. 2014/2015, BCC mengadakan pelatihan persiapan Olimpiade Sains Kabupaten (OSK) Komputer 2015.

Pelatihan tersebut diselenggarakan dengan tujuan menyambut OSK 2015 yang merupakan titik awal seleksi untuk olimpiade sains tingkat nasional. BCC mengadakan pelatihan yang bersifat terbuka untuk siswa SMA/MAN/SMK/sederajat se Kota Malang. Melalui kegiatan yang diketuai oleh Irnayanti (Informatika/2013), BCC ingin memperkenalkan keberadaan komunitasnya kepada masyarakat. Pelatihan tersebut diselenggarakan di beberapa tempat berbeda yang disesuaikan dengan permintaan peserta pelatihan atau pihak Sekolah. Dari tiga sekolah yang mengikuti pelatihan tersebut, MAN 1 MALANG dan SMAN 8 MALANG memilih untuk menerima pelatihan di Laboratorium Komputer Dasar FILKOM UB. Sedangkan MAN 3 Malang meminta agar pelatihan diselenggarakan di sekolah yang bersangkutan. Pelatihan tersebut serempak di mulai pada 21 Januari 2015 dan berakhir tanggal 27 Januari 2015. Namun, khusus peserta pelatihan dari MAN 3 Malang, karena permintaan pihak sekolah, pelatihan diperpanjang dan akan dilaksanakan pada tanggal 4 – 8 Februari 2015 mendatang.

Metode pengajaran yang diangkat pada pelatihan OSK Komputer 2015 tersebut dengan melakukan pembahasan soal-soal OSK tahun sebelumnya serta pemberian materi tentang algoritma dan pemrograman dasar. Pelatihan tersebut bermaksud untuk mengembangkan kemampuan calon peserta kompetisi OSK, khususnya dalam hal pemahaman soal-soal OSK yang sering dikeluarkan setiap tahunnya. Selain itu dengan pelatihan tersebut diharapkan para siswa dapat membiasakan diri untuk menjawab tipe-tipe soal OSK seperti tipe soal Aritmatika-Logika, dan Algoritma (pseudocode).

Dari berbagai macam feedback yang diterima dari peserta pelatihan, sebagian besar peserta pelatihan mengaku merasa mengalami kemajuan yang sangat pesat terutama dalam hal memahami soal OSK. Bahkan beberapa peserta yang awalnya sama sekali tidak memiliki dasar dalam hal Komputer, setelah mengikuti pelatihan OSK 2015 tersebut mengaku telah mampu memahami soal OSK dengan lebih baik.
“Harapan dari BCC, semoga semua peserta pelatihan dapat lolos OSN tingkat Kabupaten di bidang Komputer,”  ungkap ketua Umum BCC FILKOM UB dalam sambutannya pada penutupan Pelatihan OSK Komputer 2015. [vera/dna]