Bersama Nokia, Mahasiswa PTIIK UB Membangun Aplikasi Mobile

Bersama Nokia, Mahasiswa PTIIK UB Membangun Aplikasi Mobile

Mahasiswa Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) Universitas Brawijaya belajar membangun aplikasi mobile, dalam kegiatan yang bertajuk “Workshop Nokia Web Apps”.  Kegiatan yang berlangsung di Lab. Rekayasa Perangkat Lunak PTIIK UB ini disponsori langsung oleh Nokia Developer, dengan menghadirkan Muhammad Iqbal (Nokia Developer Certified Trainer) sebagai trainer.

Acara ini dibuka dengan sambutan dari Ketua Program PTIIK UB, Ir. Sutrisno, MT yang menyampaikan bahwa dirinya akan selalu mendukung segala kegiatan positif para anak didiknya. Selain itu, Narenda Wicaksono (Developer Manager Nokia)  juga hadir dan ikut memberikan semangat pada para peserta, selaku developer Indonesia untuk bisa terus semangat dalam berkarya.

Sementara itu, Hanas Subakti, Ketua Panitia pelaksanaan Workshop Nokia Web Apps menjelaskan bahwa workshop ini digelar selama 2 (dua) hari, 18 – 19 September 2012. Dimana pada hari pertama para peserta yang berjumlah 30 orang mendapatkan materi pembekalan teknis oleh trainer, mengenai apa itu Nokia S40 WebApps dan bagaimana cara membuatnya. Setelah itu, para peserta diminta untuk mencari ide pembuatan aplikasi. Pada hari kedua para peserta disupervisi oleh trainer untuk melakukan koding mandiri, dan diwajibkan membuat 1 (satu) applikasi. Nantinya aplikasi yang telah selesai tersebut akan disubmit ke nokia store bersama-sama. Bagi 20 peserta pertama yang aplikasinya berhasil dipublish di Nokia Store sebelum tanggal 1 oktober 2012 akan mendapatkan Tas ekslusif dari Nokia.

“Jadi acaranya ini selama dua hari. Hari pertama itu pemberian materi oleh trainer, lalu hari kedua ini pesertanya mulai praktek membuat aplikasinya,” jelas Hanas.

Hanas menambahkan kegiatan workshop ini sebenarnya juga merupakan persiapan untuk acara puncak HackNation yang akan digelar Nokia di Jakarta, tanggal 25-26 September 2012.

“Jadi nanti dari workshop ini 10 orang terbaik akan dipilih oleh panitia dan dosen pembimbing untuk dikirimkan mengikuti kompetisi HackNation di Jakarta,” ujarnya.

HackNation sendiri adalah sebuah acara bagi para pengembang aplikasi untuk membuat aplikasi selama 24 jam yang ditujukan untuk Nokia Asha dengan memanfaatkan konten (API tersedia) dari grup Merah Putih yang antara lain: Infokost*, Lintas.me, BolaLobDailySocial, KrazyMarket*, dan Mindtalk. Dimana hadiah total yang dijanjikan dalam HackNation ini, sebesar Rp. 105 juta untuk 6 tim (@Rp. 15 juta rupiah) dengan aplikasi terbaik.

Diharapkan dalam workshop ini para mahasiswa PTIIK yang turut menjadi peserta, dapat belajar dengan baik dan semaksimal mungkin, sehingga nanti dapat menunjukkan kiprah positifnya baik dalam tingkat nasional maupun internasional. (dna)