Pertama di Indonesia Timur, PTIIK merintis kerjasama UB dengan IBM

Pertama di Indonesia Timur, PTIIK merintis kerjasama UB dengan IBM

Universitas Brawijaya (UB) dan IBM Indonesia sepakat melakukan penandatanganan Piagam Kesepahaman Bersama (MoU) pada Selasa (5/6), di Gedung Widyaloka UB. Penandatanganan dilakukan antara Rektor UB Prof. Dr. Ir. Yogi Sugito dan Country Manager Software Group IBM Indonesia Nina K. Wirahadikusuma yang diwakili oleh Mid Market Territory Manager Henita Rahmayanti.

Kerjasama dilakukan dalam hal Akademik Inisiatif dan Sertifikasi Internasional. Henita mengatakan, kerjasama ini merupakan salah satu wujud komitmen IBM untuk berperan aktif di lingkungan pendidikan di seluruh belahan dunia. Ia berharap akan lahir banyak generasi penerus yang mempunyai pemikiran global dibekali kemampuan IT yang mumpuni.

Menurut Ketua Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) Ir. Sutrisno, MT., dengan adanya kerjasama ini akan memberi pengaruh baik terhadap pengembangan kurikulum. “Nantinya ada muatan-muatan yang bisa berkolaborasi dengan IBM, masukan-masukan dari IBM, sekaligus memanfaatkan software yang ada di IBM,” papar Sutrisno.

Ia mengatakan, para dosen, staff dan mahasiswa di seluruh fakultas dapat mengakses software IBM yang sejumlah empat ribu lebih itu secara gratis. Sementara itu sertifikasi internasional yang diberikan IBM ini memang memiliki kompetensi dan kualitas yang sangat diperlukan di dunia kerja.

Dalam sambutannya rektor mengatakan, sesuai dengan visi UB menjadi perguruan tinggi bertaraf internasional, maka berbagai kerjasama dengan pihak luar negeri dan bertaraf internasional terus ditingkatkan. “Kemajuan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi sangat cepat, jika perguruan tingggi tidak bisa mengikuti, lulusan akan tertinggal,” ungkap Rektor. “Untuk itu, dengan kerjasama ini diharapkan dapat menciptakan lulusan handal yang dapat berkompetisi di persaingan global,” pungkasnya.