FILKOM UB Adakan Pengabdian Masyarakat Revitalisasi Batik dan Branding

FILKOM UB Adakan Pengabdian Masyarakat Revitalisasi Batik dan Branding

dok. PSIK FILKOM UB

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB), melaksanakan Pengabdian Masyarakat (Pengmas) dengan tema: Revitalisasi Batik Tradisional Melalui Teknologi Artificial Intelligence (AI) Untuk Inovasi Produk Dan Branding Digital Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Kegiatan yang diketuai oleh, Dr.Eng. Novanto Yudistira, S.Kom., M.Sc., ini dilaksanakan di TELKOM, Indigo Space, Malang, pada Selasa (05/08/2025). Dengan mengundang Komunitas Batik dan Ekonomi Kreatif (Ekraf) di kota Malang. Kegiatan yang berlangsung sehari ini memfokuskan pada pemanfaatan AI dan juga pengenalan Canva pada peserta. Kegiatan yang melibatkan dosen FILKOM, antara lain: Dr. Candra Dewi, S.Kom, M.Sc., Dr. Eng. Irawati Nurmala Sari, S.Kom., M.Sc., Tirana Noor Fatyanosa, S.Kom., M.Kom., Ph.D., Yuita Arum Sari, S.Kom., M.Kom., Ph. D., dan Sigit Adinugroho, S.Kom., M.Sc., Ph. D. Dari alumni FILKOM UB, hadir Rahmatulloh Daffa Izzuddin Wahid, S.Kom. dan mahasiswa FILKOM UB Program Studi (Prodi) Teknik Informatika, Muhammad Sulthon Aulia Wijaya.

Pada sambutan pembuka, Dr.Eng. Novanto Yudistira, yang biasa disapa Yudis, menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan dan memperkuat UMKM khususnya di sektor batik tradisional dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan AI.

“Batik adalah warisan kekayaan asli Indonesia yang harus kita jaga dan lestarikan, FILKOM UB sangat aware dan care akan hal ini. Kegiatan ini selain bentuk dari Pengmas FILKOM UB kepada Komunitas Batik dan Ekraf di kota Malang, juga merupakan wujud nyata kolaborasi antara akademisi, pelaku usaha, dan komunitas kreatif dalam mengintegrasikan teknologi digital untuk meningkatkan nilai tambah produk batik,” jelas Yudis.

dok. PSIK FILKOM UB

Pada sesi pertama, Revitalisasi Batik Tradisional Melalui Teknologi AI Untuk Inovasi Produk, penyampaian materi disampaikan oleh Rahmatulloh, yang biasa disapa Izzud. Sesi pertama lebih difokuskan pada pengenalan Aplikasi Batik Generatif Modern, pada skripsinya Izzud mengangkat Generative AI batik sebagai tema utama. Aplikasi Batik Generatif Modern ini secara hukum telah memperoleh surat pencatatan ciptaan atau Hak Kekayaan Inteletual (HKI) dari Kementerian Hukum Republik Indonesia, atas jenis ciptaannya. (https://filkom.ub.ac.id/2025/01/10/aplikasi-batik-generatif-modern-filkom-ub-raih-hki/). Izzud menjelaskan, bahwa dengan pemanfaatan AI, diharapkan inovasi dalam desain, produksi, dan pemasaran batik tradisional dapat semakin maju sehingga mampu bersaing di pasar nasional maupun internasional.

Pada sesi kedua, Branding Digital UMKM, Sigit, Ph. D., memberikan pengantar perlunya inovasi produk dan strategi branding digital agar dapat meningkatkan daya saing dan pemasaran produk batik secara lebih luas di era digital saat ini. Pada penyampaian materi, Sulthon, memberikan materi terkait strategi penggunaan Canva, bagaimana dengan aplikasi yang gratis, UMKM dapat memaksimalkan pembuatan konten visual yang menarik dan profesional untuk media sosial dan platform digital lainnya.

“Bapak dan ibu, pemilik UMKM bisa dengan mudah mendesain promosi produk, seperti banner, poster, dan konten untuk Instagram atau Shopee, tanpa memerlukan keahlian desain grafis khusus. Dengan desain yang menarik, akan sangat membantu dalam meningkatkan daya tarik brand dan memudahkan penyebaran informasi,” jelas Sulthon.

dok. PSIK FILKOM UB

Pada sesi ketiga, pemberian materi hands on, Dr. Irawati mengajak peserta melaksanakan praktek langsung untuk penerapan materi yang telah diberikan. Pada kesempatan ini, seluruh dosen dan mahasiswa aktif mendampingi dan memandu praktek dari pemberian materi yang telah diterima. Kegiatan diakhiri dengan pemberian post test pada materi yang telah disampaikan selama pelatihan untuk mengukur pemahaman dan kemampuan peserta dalam mengimplementasikan materi yang telah diberikan. Dengan ini, diharapkan peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh secara efektif dalam usaha masing-masing, sehingga mampu meningkatkan kualitas produk dan daya saing UMKM batik tradisional di era digital. FILKOM UB berkomitmen dalam mendukung pemberdayaan UMKM serta pelestarian budaya melalui inovasi teknologi yang berkelanjutan. (rr)

FILKOM FOR SOCIETY! IT FOR BETTER LIFE! FEEL COMMUNITY!