Kuliah Tamu Iloilo State University of Fisheries Science and Technology di FILKOM UB

Kuliah Tamu Iloilo State University of Fisheries Science and Technology di FILKOM UB

Bertempat di gedung A, lt. 2 Teater Heuristik, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) pada Kamis, 22 Agustus 2024, diadakan kegiatan kuliah tamu dengan tema Transforming the Future : Innovations Technology, dengan narasumber Dr. Renante A. Diamante dari  Iloilo State University of Fisheries Science and Technology (ISUFST), Filipina.

Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa dari berbagai program studi di FILKOM UB dan dipandu oleh Buce Trias Hanggara, S.Kom., M.Kom. Dalam paparannya, Dr. Renante menyinggung isu yang sedang tren saat ini, antara lain bagaimana Internet of Things (IoT) dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam berbagai sektor, seperti pertanian dan manufaktur. Contoh pemanfaatan IoT untuk produktivitas pertanian pada sistem irigasi, dapat mengatur penggunaan air berdasarkan data kelembapan tanah, sehingga dapat mengurangi pemborosan air dan biaya operasional.

“Isu akan keamanan cyber, strategi untuk melindungi sistem dan data dari ancaman cyber juga perlu diperhatikan. Bahaya pencurian data personal dapat menimbulkan kerugian finansial, pencurian identitas, dan juga terjadinya penyalahgunaan data untuk scamming,’ jelas beliau.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Special Course 2.0 yang diselenggarakan oleh International Relations Office (IRO) FILKOM UB dengan ISUFST, Filipina. Program ini bertujuan untuk mempererat hubungan internasional dan memperluas wawasan mahasiswa dalam bidang teknologi informasi. Kuliah tamu diakhiri dengan sesi tanya jawab, beberapa mahasiswa dengan antusias mengajukan pertanyaan berkaitan dengan topik-topik yang dibahas pada kuliah tamu. (rr)