Sosialisasi Kurikulum Prodi SI FILKOM UB

Sosialisasi Kurikulum Prodi SI FILKOM UB

Program Studi (Prodi) Sistem Informasi (SI) Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) mengadakan Sosialisasi Kurikulum tahun 2024 – 2027. Kegiatan dilaksanakan pada Minggu, 28/07/2024 via Google Meet, yang dipandu oleh Ir. Yusi Tyroni Mursityo, S.Kom., M.AB., selaku Ketua Prodi SI.

Dari prodi SI FILKOM UB, terdapat empat profil lulusan, pertama, kemampuan kolaborasi. Kedua, analisis dan peningkatan proses bisnis, ketiga, pengelolaan data dan informasi, dan keempat, tata kelola teknologi informasi. Profil ini mengadaptasi Computing Curricula yang disusun bersama oleh Association for Computing Machinery (ACM), Institute of Electrical and Electronics Engineers Computer Society (IEEE-CS), dan Association for Information Systems (AIS) diterbitkan pada tahun 2020.

“Lulusan harus mampu berkolaborasi dalam merancang dan membangun sistem informasi yang sejalan dengan tujuan organisasi atau bisnis. Lulusan diharapkan memiliki kemampuan untuk menggunakan metode analisis serta teknik peningkatan proses bisnis yang mendukung pembangunan berkelanjutan sistem informasi, sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi organisasi atau bisnis. Lulusan juga harus mampu mengelola data dan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan di dalam organisasi atau bisnis. Dan pada akhirnya lulusan diharapkan memiliki kemampuan untuk menerapkan tata kelola teknologi informasi dalam organisasi atau bisnis. Keempat profil lulusan ini harus dimiliki oleh setiap lulusan prodi SI FILKOM UB,” jelas beliau.

Sosialisasi yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam 30 menit ini berjalan dengan lancar dan munculnya pertanyaan dari peserta Google Meet. Prodi di FILKOM UB selalu mengevaluasi kurikulum setiap 4 tahun demi meng-update dan mengikuti perkembangan keilmuan, teknologi, dan market signal. (rr/ds)