Komitmen MMD FILKOM UB di Desa Kasembon Untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan

Komitmen MMD FILKOM UB di Desa Kasembon Untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan

Program Mahasiswa Membangun Desa (MMD), Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menunjukkan komitmennya untuk menjaga kelestarian lingkungan melalui kegiatan penanaman bibit pohon yang diadakan pada Senin (29/07/2024). Bekerjasama dengan PT. Petrokimia Gresik, program MMD ini dirangkai bersama dengan kegiatan tahunan Tetenger Bumi yang dilaksanakan di Alun Alun Desa Kasembon, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. PT. Petrokimia Gresik yang turut mendukung kegiatan ini sebagai bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) atau Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) menyediakan 1320 bibit pohon yang terdiri dari beragam jenis bibit, seperti Mundu, Jambu air, Sawo, Kayu Manis, Matoa dan lainnya. Bibit bibit ini siap ditanam di titik yang telah disediakan oleh pihak perangkat desa Kasembon.

Pada sambutannya dekan FILKOM UB, Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., M.T., Ph.D., mengatakan FILKOM UB konsisten memberikan contoh nyata dengan peran aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan.

“FILKOM UB berusaha dengan sepenuh hati membantu agar dana CSR tersalurkan untuk kegiatan pelestarian lingkungan, karena ini kepentingan jangka panjang, untuk anak, cucu dan generasi setelahnya. FILKOM UB dengan konsisten telah melakukan selama beberapa tahun kebelakang dan juga ke depannya. Kita juga selalu menyertakan pesan untuk menjaga kelestarian dalam kegiatan rutin FILKOM, baik dalam dies natalis dan juga kegiatan MMD seperti ini.”

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Soraya Anggun, S.E.,CSRS, Assistant Vice President PT. Petrokimia Putra, Gresik. Beliau menyampaikan terimakasih kepada FILKOM UB yang telah mengajak turut serta dalam kegiatan pelestarian lingkungan.

“Menjaga kelestarian alam juga termasuk ibadah dan PT. Petrokimia Gresik sangat concern dengan isu kelestarian lingkungan. Kami sangat senang menjadi bagian dari kegiatan positif ini bersama FILKOM UB.”.

Nurhadi Santoso, S.Pd., selaku Kepala Desa Kasembon juga sangat mengapresiasi kontribusi nyata MMD FILKOM UB dalam pelestarian lingkungan. Beliau juga berterimakasih dengan program positif yang telah terlaksana di desa Kasembon.

Pada kesempatan ini, ketua Tetenger Bumi UB, Dr. Tibyani juga menyampaikan terimakasih, karena generasi muda Z, dalam hal ini kelompok Kewirausahaan (KWU) 02 dan 08 MMD FILKOM UB turut berperan dalam pengendalian perubahan iklim dan penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK).

“Sangat penting mengajak generasi muda, karena generasi muda Z itu punya ketertarikan. Dia kepo-nya tinggi, sensivitasnya tinggi, respons atas satu persoalan juga tinggi. Kegiatan ini juga untuk memupuk kebersamaan atau merapat lebih dekat dengan alam.”

Narendra Habibullah Adicandra selaku koordinator desa dari kelompok KWU 02 MMD FILKOM UB, menyampaikan bahwa penanaman bibit pohon juga dilakukan bersama KWU 08 dan perangkat desa Kasembon. Karena perubahan iklim ekstrem yang terjadi saat ini disertai dengan perubahan lingkungan, maka penanaman bibit pohon kami harapkan dapat membantu mengurangi polusi udara dan menghasilkan oksigen. Terimakasih disampaikan kepada teman teman dan juga pihak yang telah membantu dalam pelaksanaan kegiatan penanaman bibit ini. (rr)